Trump Mulai Mainkan Isu Agama, Sebut Biden Melawan Tuhan

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 13:48 WIB
loading...
Trump Mulai Mainkan Isu Agama, Sebut Biden Melawan Tuhan
Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara selama kunjungan ke pabrik mesin cuci Whirlpool Corporation di Clyde, Ohio, 6 Agustus 2020. Foto/REUTERS/Joshua Roberts
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump , yang merupakan kandidat petahana dari Partai Republik, mulai memainkan isu agama dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika November mendatang. Dia menyebut rivalnya dari Partai Demokrat, Joe Biden , sosok yang melawan Tuhan dan anti-senjata.

Biden sendiri sering membahas bagaimana iman Katolik-nya telah memandu tindakannya sebagai pejabat publik.

Isu agama digunakan Trump ketika dia kalah dari Biden dalam jajak pendapat di Ohio. Kandidat petahanan itu sedang berjuang untuk meraih dukungan pemilih di negara bagian tersebut saat pandemi virus corona mengancam peluangnya untuk berkuasa lagi di periode kedua. (Baca: Trump Dikalahkan Biden dalam Polling Pilpres AS 2020 )

Setelah berpidato di kerumunan kecil di bandara Cleveland pada hari Kamis, Trump melanjutkan dengan pidato gaya kampanye di pabrik Whirlpool di Clyde, Ohio.

"Dia mengikuti agenda kiri-radikal; singkirkan senjata Anda, hancurkan Amandemen Kedua Anda, tidak ada agama, tidak ada apa pun, menyakiti Alkitab, menyakiti Tuhan," kata Trump tentang Biden dalam pidatonya di Cleveland. "Dia melawan Tuhan," katanya lagi, seperti dikutip Reuters, Jumat (7/8/2020).

Sekadar diketahui, Amandemen Kedua Konstitusi AS memberi orang Amerika hak untuk menyimpan dan membawa senjata.

Trump tidak menjelaskan apa yang dia maksud. Namun, tuduhannya dapat memperkuat dukungan dari blok Kristen konservatif partainya yang cukup besar dan juga merusak pandangan pemilih terhadap Biden, Wakil Presiden Katolik pertama dalam sejarah AS.

John Kennedy adalah presiden terpilih pertama dan satu-satunya calon presiden Katolik ketika dia menang pada tahun 1960.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis malam, Biden mengatakan serangan Trump "memalukan". Dia menegaskan bahwa iman telah menjadi fondasi hidupnya. (Baca juga: Skenario Biden jika Trump Kalah Pilpres dan Menolak Lengser )

"Komentar Presiden Trump mengungkapkan lebih banyak tentang dia daripada yang mereka lakukan tentang orang lain. Mereka menunjukkan kepada kita seorang pria yang bersedia merendahkan diri untuk keuntungan politik, dan seseorang yang tindakannya sangat bertentangan dengan nilai dan ajaran yang dianutnya," kata Biden.

Menurut Pew Research Center, lebih dari tiga perempat orang Amerika mempraktikkan agama Kristen atau agama lain. Trump secara politis terluka oleh tanggapannya terhadap pandemi virus corona yang baru-baru ini menyebabkan sekitar 1.000 orang Amerika meninggal setiap hari.

Trump berbicara sangat sedikit tentang iman Presbiterian-nya sendiri dan jarang menghadiri gereja. Dia bekerja sama dengan evangelis Kristen dan menempatkan alasan mereka untuk membatasi aborsi dan mempertahankan kepemilikan senjata di bagian atas agenda kebijakannya.

Setelah penembakan di sebuah sekolah di Newtown, Connecticut, yang menewaskan 20 anak pada tahun 2012, Biden mendorong beberapa pembatasan kepemilikan senjata, tetapi dia tidak menyerukan untuk menyita senjata api.

Dia mengatakan akan berusaha untuk melarang senapan serbu dan magazine dengan amunisi berkapasitas tinggi, membiarkan orang yang memiliki senapan serbu menjualnya kembali secara sukarela, dan memperluas pemeriksaan latar belakang.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1197 seconds (0.1#10.140)