Jet Tempur Israel Tembak Jatuh Rudal Jelajah Diduga Ditembakkan Houthi Yaman

Kamis, 23 November 2023 - 08:05 WIB
loading...
Jet Tempur Israel Tembak Jatuh Rudal Jelajah Diduga Ditembakkan Houthi Yaman
Jet tempur Israel menembak jatuh rudal jelajah yang diduga ditembakkan oleh kelompok Houthi Yaman. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Sebuah misil dari jet tempur Israel telah menjatuhkan rudal jelajah yang ditembakkan ke arah selatan negara Yahudi tersebut pada hari Rabu. Serangan ini diduga dilakukan oleh kelompok Houthi Yaman.

"Setelah adanya laporan mengenai infiltrasi oleh pesawat musuh di dekat resor selatan Laut Merah, Eilat, sebuah jet tempur Israel berhasil mencegat sebuah rudal jelajah yang diluncurkan ke arah Israel,” kata militer Israel dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP, Kamis (23/11/2023).

“Tidak ada infiltrasi ke wilayah Israel yang teridentifikasi,” lanjut pernyataan tersebut.



Serangan rudal jelajah ini terjadi setelah kelompok Houthi Yaman pada hari Minggu membajak sebuah kapal kargo yang terkait dengan Israel dan menyandera 25 awak kapal. Mereka juga mengancam akan menargetkan kapal-kapal Israel sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina di Gaza dalam perang Israel-Hamas.

Kelompok Houthi, yang menyatakan diri mereka sebagai bagian dari “poros perlawanan” sekutu dan proksi Iran, telah meluncurkan serangkaian drone dan rudal ke arah Israel.

Mereka mengatakan penyitaan kapal kargo Galaxy Leader merupakan pembalasan atas perang brutal Israel di Gaza.

Perang Gaza dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 240 orang lainnya disandera.

Israel kemudian merespons dengan membombardir Gaza nyaris tanpa henti. Lebih dari 14.000 orang telah tewas dalam pengeboman udara dan operasi darat Israel di Jalur Gaza, menurut pemerintah yang dikelola Hamas di Gaza.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1595 seconds (0.1#10.140)