Menyeberang ke Korut, Warga AS Dicokok Polisi Korsel

Selasa, 14 November 2017 - 12:00 WIB
Menyeberang ke Korut, Warga AS Dicokok Polisi Korsel
Menyeberang ke Korut, Warga AS Dicokok Polisi Korsel
A A A
SEOUL - Seorang pria asal Amerika Serikat ditangkap setelah mencoba menyeberang ke Korea Utara (Korut). Pria tersebut diyakini pihak berwenang berupaya untuk membelot ke rezim Kim Jong-un.

Pria AS berusia 58 tahun itu diidentifikasi sebagai A dan berasal dari negara bagian Louisiana. Ia ditangkap polisi Korea Selatan (Korsel) pada Senin tengah malam setelah ia melewati Jalur Kontrol Sipil (CCL) di dekat perbatasan Korut.

Penduduk Louisiana itu dilaporkan tidak memiliki izin yang membuat pihak berwenang percaya bahwa dia sedang menyeberang untuk "tujuan politik" seperti dinukil dari Daily Express, Selasa (14/11/2017).

Langkah tersebut dianggap sangat tidak biasa karena bahkan para pembelot dari Korut pun jarang menyeberang langsung melewati perbatasan. Mereka biasanya menyeberang ke China terlebih dahulu sebelum menuju ke Seoul. Intelijen Nasional Korsel, tentara dan polisi telah melakukan penyelidikan bersama.

Warga negara AS dikatakan telah tiba di Seoul tiga hari sebelumnya dan terlihat melintasi CCL oleh seorang penduduk desa di Bangsal Baekhak county.

CCL berada tepat di bawah zona demiliterisasi (DMZ) yang memisahkan Korsel dari tetangganya Korut yang nakal.

Kedutaan Besar AS di Seoul mengatakan bahwa mereka telah mengetahui laporan tersebut dan mereka akan mendalaminya.

"Jika diketahui bahwa seorang warga negara AS telah ditahan, kedutaan AS akan memberikan layanan konsuler yang sesuai," ucap seorag pejabat AS.

Kabar penangkapan ini menyeruak di tengah seorang tentara Korut ditembak saat membelot ke Korsel. Prajurit tersebut ditembak dan militer Korut selama pelarian yang berani namun berhasil diselamatkan oleh militer Korsel ketika sampai di sisi lain.

Pembelotan itu terjadi pada saat ketegangan meningkat di semenanjung Korea, dengan kekhawatiran peluncuran rudal lain yang sangat provokatif berkembang.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)