Kim Jong-un: Korea Utara Harus Siap Menduduki Korea Selatan

Sabtu, 10 Februari 2024 - 07:32 WIB
loading...
Kim Jong-un: Korea Utara Harus Siap Menduduki Korea Selatan
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un memberikan panduan lapangan di pabrik senjata besar. Foto/KCNA/REUTERS
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menegaskan Pyongyang harus bersiap merebut wilayah Korea Selatan jika terjadi keadaan “darurat”.

Dalam pidatonya yang memperingati 76 tahun berdirinya Angkatan Darat Korea Utara pada Jumat (9/2/2024), Kim memuji militer karena “dengan tegas melindungi kedaulatan dan martabat negara dari ancaman militer imperialis, pemerasan, dan risiko perang.”

Mengomentari hubungan yang semakin tegang dengan Seoul, pemimpin Korea Utara tersebut mengatakan negaranya telah “meringkas sejarah perpecahan dan konfrontasi rakyat kita dan mendefinisikan boneka Korea Selatan sebagai musuh Pyongyang yang paling berbahaya dan tidak dapat diubah.”

Dengan latar belakang ini, Kim menyatakan, “Jika terjadi keadaan darurat, para pembuat kebijakan Korea Utara telah membuat keputusan nasional untuk menduduki dan menenangkan wilayah (Korea Selatan).”

Peringatan ini muncul setelah pemimpin Korea Utara tersebut mengesampingkan reunifikasi antara Pyongyang dan Seoul pada akhir Desember, dengan alasan kedua negara bertetangga tersebut menganut prinsip-prinsip yang bertentangan secara diametral.

Bulan lalu, Kim juga meminta parlemen nasional menyebut Korea Selatan sebagai “negara musuh nomor satu.”

Pyongyang dan Seoul tidak pernah menandatangani perjanjian perdamaian setelah berakhirnya Perang Korea tahun 1950-1953, yang membagi semenanjung tersebut, dan ketegangan masih tinggi.



Dalam beberapa bulan terakhir, Korea Utara telah melakukan banyak peluncuran rudal sambil mengkritik tetangganya di selatan karena mengadakan latihan militer bersama dengan Amerika Serikat (AS).

AS memiliki sekitar 30.000 tentara yang ditempatkan di semenanjung Korea tersebut. Kehadiran pasukan AS terus memperuncing konflik antara Korut dan Korsel.

Mengutip para pejabat AS, New York Times melaporkan pada Januari bahwa Washington khawatir Korea Utara akan “mengambil beberapa bentuk tindakan militer yang mematikan” terhadap Seoul.

Namun, sumber-sumber surat kabar tersebut meragukan Pyongyang akan mengambil risiko melakukan serangan besar-besaran.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)