AS Selidiki Klaim China Bantu Saudi Kembangkan Senjata Nuklir

Jum'at, 07 Agustus 2020 - 06:21 WIB
loading...
AS Selidiki Klaim China Bantu Saudi Kembangkan Senjata Nuklir
AS selidiki laporan China membantu Saudi mengembangkan senjata nuklir. Foto/Middle East Eye
A A A
WASHINGTON - Badan-badan intelijen Amerika Serikat (AS) dilaporkan sedang menilai laporan bahwa China secara diam-diam membantu Arab Saudi memperluas program nuklirnya, yang dapat membuka jalan menuju pengembangan senjata nuklir .

The New York Times melaporkan pada hari Rabu bahwa agen-agen intelijen AS telah menganalisis dugaan kolaborasi antara kedua negara di situs yang tidak diumumkan di Saudi, dekat dengan area produksi panel surya.

Analis yang berbicara kepada New York Times mengatakan gambar satelit bangunan di dekat Ibu Kota Riyadh mirip dengan fasilitas nuklir yang dibangun oleh China di Iran.

Awal pekan ini, Wall Street Journal juga melaporkan bahwa situs lain di barat laut negara itu sedang digunakan untuk mengekstrak uranium dari bijih uranium sebuah langkah lanjutan untuk pengembangan bahan bakar nuklir yang dapat menempatkan Saudi di jalur untuk mengembangkan senjata nuklir.

Menurut New York Times, entitas China telah membuat banyak pakta dan perjanjian dengan Arab Saudi dalam perjalanannya menuju pemrosesan uranium, baik untuk energi nuklir atau untuk mengekspor uranium.(Baca: Dukung Program Nuklir, Saudi Berencana untuk Perkaya Uranium )

Pakar AS mengatakan ini pada akhirnya dapat dialihkan ke program nuklir militer rahasia di masa depan.

The New York Times melaporkan bahwa sementara Presiden AS Donald Trump telah berusaha untuk mengerjakan program nuklir sipil Arab Saudi, laporan terbaru telah menimbulkan kekhawatiran di Washington.

Arab Saudi belum menandatangani pembatasan yang sama yang disetujui UEA selama pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklirnya sendiri, dan pada 2018, Putra Mahkota Mohammed bin Salman mengatakan kerajaan akan mencoba mengembangkan atau memperoleh senjata nuklir jika Iran melanjutkan pekerjaannya mendapatkan bom nuklir.(Baca: Arab Saudi Siap Kembangkan Bom Nuklir )

Menurut The New York Times, Saudi menandatangani nota kesepahaman dengan China National Nuclear pada 2017 untuk membantu mengeksplorasi deposit uraniumnya, dan perjanjian lainnya ditandatangani dengan China Nuclear Engineering Group.

Kedua kesepakatan itu menyusul pakta 2012 yang diumumkan antara Riyadh dan Beijing untuk bekerja sama dalam penggunaan energi nuklir secara damai.

Para analis mengatakan bahwa Arab Saudi mulai melakukan perubahan ke arah kerja sama nuklir dengan China, daripada sekutu tradisionalnya AS, karena kerajaan itu telah kehilangan kepercayaan pada kemampuan Washington untuk melawan Iran.

"Mereka percaya bahwa sebagai hasil dari JCPOA, mereka tidak dapat mengandalkan siapa pun yang mengekang Iran, dan mereka harus menghalangi Iran sendiri," Rolf Mowatt-Larssen, direktur intelijen dan kontraintelijen di Departemen Energi, kepada New York Times yang dinukil Middle East Eye, Jumat (7/8/2020).

Arab Saudi juga belum menandatangani pembatasan AS yang sama yang dimiliki negara lain, dan Riyadh saat ini memiliki perjanjian perlindungan terbatas dengan Badan Energi Atom Internasional (IAEA) serta tidak berkewajiban untuk mengungkapkan situsnya kepada pengawas nuklir.

Pada awal tahun ini, lebih dari 150 negara, termasuk Iran dan AS, telah menandatangani protokol tambahan IAEA - jenis pengawasan paling canggih dari badan tersebut - yang melindungi dari penyebaran senjata nuklir.

Baik Arab Saudi maupun Israel belum menandatangani perjanjian pengawasan terbaru ini.

Robert Kelley, mantan inspektur badan tersebut, mengatakan kepada New York Times bahwa Badan Energi Atom Internasional (IAEA) tidak senang tentang ketidakjelasan Riyadh terhadap "program mereka yang ada dan kemana arahnya".

Meskipun dia tidak berpikir bahwa pabrik pusat Saudi itu tidak biasa, dia yakin Riyadh dan Beijing mungkin bekerja sama dalam kegiatan rahasia lainnya.

"Saya yakin sepenuhnya bahwa Arab Saudi dan China secara aktif bekerja sama dalam rencana penambangan uranium dan produksi kue kuning," katanya menggunakan istilah lain dari nuklir.

Pekan lalu, anggota DPR dari Partai Demokrat, Adam Schiff memasukkan ketentuan dalam RUU otorisasi anggaran intelijen yang mensyaratkan pemerintahan Trump untuk menyerahkan laporan tentang upaya Saudi untuk mengembangkan program nuklir.

Laporan itu, ketentuan tersebut menyatakan, harus mencakup penilaian keadaan kerja sama nuklir antara Arab Saudi dan negara lain selain Amerika Serikat, seperti Republik Rakyat China atau Federasi Rusia.(Baca: AS Tak Akan Biarkan Arab Saudi Membuat Bom Nuklir )
(ber)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1382 seconds (0.1#10.140)