Rahasia Kotor Ekspor Senjata Israel: Warga Palestina Jadi Kelinci Percobaan

Sabtu, 18 November 2023 - 09:07 WIB
loading...
A A A
Meski begitu, para ahli mengatakan hal ini tidak berarti Israel mengobarkan perang untuk mempromosikan senjatanya.

“Tidak ada seorang pun yang berperang hanya untuk memamerkan senjatanya,” kata Lawrence Freedman, profesor emeritus studi perang di King’s College London, seperti dikutip dari Al Jazeera, Sabtu (18/11/2023).

Namun, pada saat yang sama, “dalam setiap perang melawan Gaza, serangkaian senjata dan teknologi pengawasan telah dikerahkan terhadap warga Palestina yang kemudian dipasarkan dan dijual ke sejumlah besar negara di seluruh dunia,” kata Antony Loewenstein, jurnalis independen dan penulis The Palestine Laboratory.

Polis Asuransi


Ekspor senjata mempunyai manfaat di luar pendapatan yang mereka bawa ke Israel.

"Lebih dari itu, ini juga merupakan kebijakan asuransi untuk melindungi diri mereka dari tekanan kuat untuk mengubah perilaku mereka selama pendudukan Palestina selama beberapa dekade,” kata Loewenstein.

Bulan lalu, Presiden Kolombia Gustavo Petro menolak untuk mengutuk serangan mendadak yang dilancarkan Hamas pada 7 Oktober sebagai “serangan teroris” dan malah menjawab bahwa “terorisme membunuh anak-anak tak berdosa di Palestina”.

Sebagai tanggapan, pemerintah Israel menghentikan semua penjualan peralatan pertahanan dan keamanan serta layanan terkait ke negara Amerika Latin tersebut.

Kolombia adalah salah satu dari sekitar 130 negara yang telah membeli senjata, drone, dan teknologi spionase siber dari Israel, eksportir senjata terbesar ke-10 di dunia.

Israel, sejauh ini, merupakan eksportir drone militer terbesar di dunia: pada tahun 2017, Israel diperkirakan tertinggal hampir dua pertiga dari seluruh ekspor UAV selama tiga dekade sebelumnya.

Elbit, pembuat Iron Sting, menyediakan hingga 85 persen peralatan berbasis darat yang dibeli oleh militer Israel dan sekitar 85 persen drone-nya, menurut Database Ekspor Militer dan Keamanan Israel (DIMSE).

Namun setelah perang Gaza tahun 2014, pasar ekspornya juga meningkat secara signifikan. Elbit mempromosikan UAV Hermes miliknya sebagai “terbukti dalam pertempuran” dan “platform utama IDF dalam operasi kontra-teror”.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0962 seconds (0.1#10.140)