Israel Bertekad Rebut Jalur Gaza untuk Bangun Kanal Ben Gurion dan Saingi Terusan Suez?

Rabu, 08 November 2023 - 10:14 WIB
loading...
Israel Bertekad Rebut Jalur Gaza untuk Bangun Kanal Ben Gurion dan Saingi Terusan Suez?
Peta rencana Kanal Ben Gurion yang akan dibangun Israel. Foto/wikipedia
A A A
GAZA - Proyek Kanal Ben Gurion atau Kanal Israel adalah proyek terusan yang diusulkan melalui negara Israel. Terusan ini akan menghubungkan Teluk Aqaba ke Laut Mediterania.

David Ben Gurion dianggap sebagai Bapak Pendiri Israel dan Perdana Menteri Israel yang pertama. Karena itu, terusan ini akan diberi nama Kanal Ben Gurion.

Terusan ini disebut-sebut akan menyaingi Terusan Suez yang melintasi Mesir. Israel dan negara-negara Barat telah mengalami banyak gangguan dalam sejarahnya melintasi Terusan Suez.

Beberapa masalah yang pernah muncul antara lain, larangan bagi Israel melalui Terusan Suez dan Selat Tiran, Penutupan Terusan Suez (1956–1957), Penutupan Terusan Suez (1967–1975), dan penyumbatan Terusan Suez tahun 2021.

Panjang Kanal Ben Gurion hampir sepertiga lebih panjang daripada Terusan Suez yang panjangnya 120,1 mil (193,3 km), yaitu sekitar 182 mi (292,9 km).

Biaya pembuatan terusan Israel diperkirakan antara USD16-USD55 miliar USD.

Kanal Ben Gurion rencananya akan dibangun mulai dari ujung Selatan di Teluk Aqaba, melalui kota pelabuhan Eilat di Israel di perbatasan Israel dan Yordania, melalui Lembah Arabah sejauh sekitar 100 km antara Pegunungan Negev dan Dataran Tinggi Yordania dan membelok ke Barat sebelum cekungan Laut Mati dan Laut Mati yang berada 430,5 meter (1.412 kaki) di bawah permukaan laut, dan melewati lembah di Pegunungan Negev, lalu mengarah ke Utara lagi untuk mengelilingi Jalur Gaza dan terhubung dengan Laut Mediterania.

Nah, disinilah kabar upaya Israel merebut Jalur Gaza dikaitkan dengan rencana rezim Zionis membangun Kanal Ben Gurion.

Daripada terusan itu dibangun memutari Jalur Gaza yang akan lebih panjang, maka kanal itu bisa lebih pendek jika melintasi wilayah yang dikuasai Hamas.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0972 seconds (0.1#10.140)