Terowongan Maut Hamas Penyeimbang Militer Canggih Israel Itu Bernama Metro Gaza

Sabtu, 04 November 2023 - 00:08 WIB
loading...
A A A
Menurutnya, kelemahannya ada pada aliran udara dan oksigen. ”Anda memerlukan sistem ventilasi besar untuk mengalirkan udara ke dalam, dan itu berarti jika sistem tersebut ditempatkan, aliran udara dapat dimatikan sepenuhnya dalam hitungan detik,” katanya.

Setelah tiga minggu pertempuran, Israel telah berusaha mengusir para milisi Hamas dari tempat persembunyian mereka dengan mencegah bahan bakar tambahan memasuki Gaza.

Para pejabat Israel telah berulang kali menolak mengizinkan bahan bakar memasuki Gaza untuk keperluan sipil meskipun ada tekanan internasional, dengan alasan bahwa bahan bakar tersebut kemungkinan besar akan disita oleh Hamas dan digunakan untuk menggerakkan sistem ventilasi terowongan.

Richemond-Barak, yang menulis buku “Underground Warfare” pada tahun 2017, mengatakan perang terowongan telah menjadi bagian dari perang selama perang masih ada, namun dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi lonjakan penggunaan oleh “aktor non-negara yang melakukan kekerasan”–seperti kelompok ISIS, al-Qaeda, dan Hamas.

“Terowongan adalah strategi yang menarik bagi kelompok teroris karena mereka berfungsi sebagai penyeimbang teknologi canggih tentara seperti yang ada di Israel atau Amerika Serikat,” katanya, sebelum menambahkan “bahwa tantangannya sangat besar bagi kedua belah pihak yang bertempur di arena tersebut."

Bagi mereka yang bersembunyi di dalam terowongan–dalam hal ini Hamas–tekanan datang dari menghabiskan banyak waktu dalam kondisi panas dan lembab di bawah tanah. Menurutnya, bagi tentara tradisional, seperti IDF, hal ini tidak hanya menguras sumber daya karena memperlambat pertarungan, namun juga memerlukan peralatan dan pelatihan khusus.

“Tentara perlu diperiksa secara khusus untuk lingkungan yang sesak dan terbatas seperti ini, yang tidak dapat ditangani oleh setiap prajurit,” kata Richemond-Barak.

“Bahkan prajurit yang paling terlatih pun akan kesulitan untuk beroperasi di lorong tanpa akhir yang membuat Anda kehilangan kesadaran akan waktu dan arah.”

“Saat Anda menghadapi ancaman bawah tanah, Anda benar-benar perlu memikirkan tentara mana yang akan Anda kirim ke terowongan, dan sebagian besar doktrin militer menyarankan untuk tidak melakukan hal itu,” imbuh dia, menggambarkan bagaimana mereka kemungkinan besar akan menjadi sasaran empuk ketika terjebak karena Hamas telah mengantisipasi operasi darat Israel.

Richemond-Barak mengatakan negara-negara yang menghadapi atau pernah menghadapi ancaman semacam itu terpaksa mengembangkan alat-alat baru–robot dan peralatan lainnya–yang mungkin digunakan untuk mendeteksi dan menetralisir terowongan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1109 seconds (0.1#10.140)