Kapal Induk China Dekati Taiwan saat AS Sibuk Bantu Israel

Minggu, 29 Oktober 2023 - 20:59 WIB
loading...
Kapal Induk China Dekati Taiwan saat AS Sibuk Bantu Israel
Foto hitam putih yang dirilis Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan menunjukkan operasi kapal induk CNS Shandong China saat AS sibuk bantu Israel. Foto/Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan
A A A
TAIPEI - Kapal induk CNS Shandong Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China baru-baru ini terlihat beroperasi di dekat Taiwan. Itu terjadi ketika perhatian dunia tertuju pada kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) di dekat Israel.

Mengutip EurAsian Times, Minggu (29/0/2023), Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan pada 26 Oktober mengeluarkan pernyataan, disertai dengan foto, yang mengumumkan perjalanan formasi kapal induk CNS Shandong melalui Selat Bashi dan masuknya kapal tersebut ke Pasifik barat.

Selat Bashi, yang terletak di antara Taiwan dan Filipina, merupakan jalur maritim penting di Selat Luzon yang lebih luas, menghubungkan Laut China Timur dan Laut China Selatan.

Kementerian tersebut juga mengungkapkan pemantauan yang cermat terhadap CNS Shandong. Namun rilis tersebut tidak merinci kapal-kapal perang China yang menyertainya.

Ini menandai pengerahan ketiga CNS Shandong di Pasifik barat, dengan pengerahan awal pada bulan April yang melibatkan operasi 19 hari di Laut Filipina, diikuti dengan pengerahan lima hari berikutnya di wilayah yang sama pada bulan September.

Pada pagi hari 28 Oktober 2023, sekitar pukul 07.00 waktu setempat, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang juga mengonfirmasi keberadaan lima kapal Angkatan Laut PLA China yang beroperasi di perairan sekitar 460 kilometer selatan Pulau Miyako, Prefektur Okinawa.

Kapal-kapal China tersebut antara lain kapal induk Shandong dengan nomor lambung “17”, dua kapal perusak rudal kelas Ruyan III dengan nomor lambung “164” dan “173”, serta dua fregat kelas Jiangkai II dengan nomor lambung “536” dan “570”.

Selanjutnya, pada hari yang sama, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang mengamati peluncuran dan pemulihan pesawat dan helikopter di kapal induk CNS Shandong.

Kementerian Pertahanan dan Pasukan Bela Diri Jepang juga menambahkan bahwa mereka melakukan pengawasan waspada dan mengumpulkan informasi mengenai kegiatan tersebut menggunakan kapal perusak Sazanami, bagian dari Armada Pengawal ke-4 yang berbasis di Kure.

Sementara itu, pada tanggal 26 Oktober, Kantor Staf Gabungan (JSO) Kementerian Pertahanan Jepang juga mengatakan bahwa kendaraan udara tak berawak (UAV) yang diduga milik China telah terbang ke wilayah udara Jepang pada pagi dan sore hari pada hari itu.

Rute UAV terbentang dari Laut China Timur, melintasi wilayah udara antara Pulau Yonaguni dan Taiwan, hingga akhirnya memasuki Laut Filipina.

Selanjutnya, UAV mengelilingi wilayah barat daya Kepulauan Sakishima sebelum keluar melalui Selat Bashi. Rilis tersebut lebih lanjut mencatat bahwa Komando Udara Barat Daya Angkatan Udara Bela Diri Jepang (JASDF) mengirimkan jet tempur sebagai tanggapan atas insiden ini.

Meningkatnya Ketegangan dalam Hubungan AS-China


Jet tempur China menjadi lebih tegas dalam berurusan dengan pesawat militer Amerika, khususnya di dekat Taiwan. Pada saat yang sama, Taipei telah melaporkan peningkatan latihan militer yang dilakukan di sekitarnya.

Selain itu, Coast Guard China juga terlibat dalam konfrontasi dengan sekutu perjanjian keamanan AS, Filipina, di Laut China Selatan, yang mengakibatkan insiden tabrakan.

Meningkatnya ketegangan antara AS dan China telah memperburuk hubungan mereka, dan kurangnya komunikasi membuat para pejabat di Washington khawatir. Mereka takut kesalahan yang dilakukan dapat mengakibatkan situasi berbahaya.

Dalam insiden baru-baru ini, AS menuduh pilot China terlibat dalam pencegatan yang tidak aman terhadap salah satu pesawat pengebomnya dan bahkan membagikan video insiden tersebut. Di sisi lain, China juga mengeklaim bahwa kapal perusak AS bertindak tidak profesional saat terjadi pertemuan di dekat Kepulauan Paracel pada Agustus lalu.

Selain dua insiden tersebut, sumber ketegangan lain yang terjadi belakangan ini adalah konflik antara Filipina dan China terkait penguasaan terumbu karang di Laut China Selatan. Situasi ini berpotensi melibatkan AS dalam membela sekutunya.

Terbatasnya ketersediaan saluran komunikasi militer aktif antara AS dan China telah mempersulit upaya untuk mengurangi ketegangan.

Pada Agustus 2022, China menangguhkan pembicaraan militer tingkat tinggi dengan AS menyusul kunjungan Ketua DPR AS saat itu, Nancy Pelosi, ke Taiwan. Keputusan ini mengakibatkan terhentinya perundingan tahunan di mana para pejabat militer Amerika dan China membahas cara-cara untuk memastikan pertemuan militer yang aman di laut dan di udara.

Pembicaraan ini dilakukan di bawah kerangka yang dikenal sebagai Perjanjian Konsultatif Maritim Militer, yang telah aktif sejak tahun 1998.

Lebih lanjut, Beijing juga mengemukakan sedang menunda saluran komunikasi antara Pentagon dan militer China yang disebut Pembicaraan Koordinasi Kebijakan Pertahanan. Saluran ini telah digunakan untuk meningkatkan kerja sama dan mengatasi manajemen krisis antara kedua negara.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1147 seconds (0.1#10.140)