4 Kehebatan Brigade Bogdan Khmelnitsky, Batalion Mantan Tentara Ukraina yang Bergabung dengan Rusia

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
4 Kehebatan Brigade Bogdan Khmelnitsky, Batalion Mantan Tentara Ukraina yang Bergabung dengan Rusia
Brigade Bogdan Khmelnitsky memiliki keunikan karena terdiri dari mantan tentara Ukraina. Foto/Sputnik
A A A
KIEV - Pasukan Rusia yang bertempur di garis depan konflik dengan Kiev akan segera diperkuat dengan satu batalion yang terdiri dari mantan tentara Ukraina. Para anggota militer Ukraina itu menyerah atau ditangkap dalam pertempuran sebelum memutuskan untuk berpindah pihak.

Meskipun pernah bergabung sebagai tentara Ukraina, mereka sudah mengucapkan sumpah setia kepada Rusia. Mereka sudah menunjukkan loyalitas untuk bertempur tentara Ukraina.

Berikut adalah 4 kelebihan Brigade Bogdan Khmelnitsky, Batalion Mantan Tentara Ukraina yang Bergabung dengan Rusia.

1. Diberi Nama Bogdan Khmelnitsky

Dinamakan setelah Bogdan Khmelnitsky – seorang tokoh sejarah Ukraina yang memulai pemberontakan melawan Persemakmuran Polandia-Lituania pada abad ke-17 dan memimpin Ukraina untuk bergabung dengan Rusia.

"Batalion tersebut telah menjalani pelatihan selama tiga minggu di pangkalan Rusia," kata komandannya, Andrey Tishenko, dilansir RIA Novosty. Di akhir pelatihan, mereka akan secara resmi mengambil sumpah yang dijanjikan oleh seluruh tentara Rusia.

2. Dididik Menjadi Tentara Tangguh

Mantan tentara Ukraina telah diperlengkapi untuk berperang, kata Tishenko, seraya menambahkan bahwa mereka menerima seragam, alat pelindung diri, dan senjata bahkan sebelum pelatihan dimulai. Para prajurit menerima bimbingan dari instruktur berpengalaman dan tangguh dalam pertempuran.

3. Bergabung Sukarela

Anggota unit tersebut mengatakan kepada kantor berita Sputnik bahwa mereka bergabung secara sukarela setelah menerima kewarganegaraan Rusia.

TASS melaporkan pada bulan Maret bahwa sekitar 70 mantan tentara Ukraina mengajukan paspor Rusia dan menyatakan keinginan mereka untuk berperang demi Moskow. Besaran unit yang baru dibentuk belum dipublikasikan.

Menurut Tishenko, batalion tersebut akan bergabung dengan kelompok taktis operasional-tempur Kaskad, yang berada di bawah komando penjabat menteri dalam negeri Republik Rakyat Donetsk, Kolonel Jenderal Aleksey Dikiy. Lokasi penempatan tempur pertamanya masih belum diketahui.


4. Bertugas di Donbass

Laporan pertama mengenai rencana pembentukan unit tersebut muncul di media pada bulan Februari. Pada bulan Maret, RT mewawancarai mantan tentara Ukraina yang menjadi sukarelawan di Angkatan Darat Rusia, karena sekitar 100 tawanan perang Ukraina dari Donbass dilaporkan ingin melakukan hal tersebut.

5. Merasa Jadi Keluarga Rusia

Salah satu dari mereka mengatakan kepada RT bahwa dia memutuskan untuk menjadi sukarelawan karena dia memiliki keluarga di sebuah kota di Donbass. “Saya ingin kita memiliki perdamaian… masa depan,” katanya, seraya menambahkan bahwa dia dan keluarganya “tidak mungkin memiliki perdamaian di bawah bendera” Ukraina.

“Kami selalu menjadi bangsa yang bersaudara,” kata tawanan perang lainnya saat itu. “Saya tidak pernah ingin berperang melawan Rusia.”
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1086 seconds (0.1#10.140)