Tonton Aksi Ugal-ugalan Kapal Perusak AS Potong Jalur Kapal Perang China

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 19:32 WIB
loading...
A A A
“Anda memaksa melintasi haluan saya. Itu mengganggu keselamatan saya,” papar suara di kapal Guilin dalam rekaman itu.



Kementerian Pertahanan China mencatat manuver tersebut melanggar Peraturan Internasional untuk Mencegah Tabrakan di Laut, Kode untuk Pertemuan yang Tidak Direncanakan di Laut, dan Aturan Perilaku untuk Keselamatan Pertemuan Udara dan Maritim antara China dan AS.

Dalam klip kedua, USS Johnson terlihat berlayar melalui celah antara kapal perang China Guilin dan Huangshan yang berlayar dalam barisan sebagai kelompok tugas.

“Tindakan pihak AS ini melanggar Aturan Perilaku untuk Keselamatan Pertemuan Udara dan Maritim antara China dan AS,” tegas pernyataan Kementerian Pertahanan (Kemhan) China.

“Video ini membuktikan bahwa pihak AS-lah yang melakukan provokasi, mengambil risiko, dan mengacaukan situasi,” ungkap juru bicara Kemhan China Wu kepada wartawan.

Dia menambahkan, “Kami punya banyak bukti video serupa, tapi saya tidak akan menunjukkannya hari ini karena keterbatasan waktu. Apa yang saya tekankan di sini adalah memperhatikan dengan cermat di mana segala sesuatunya terjadi.”

“Kita semua tahu bahwa semua pertemuan jarak dekat antara pesawat dan kapal perang China dan AS terjadi di perairan dan wilayah udara sekitar China, bukan di Teluk Meksiko atau di Pantai Barat Amerika,” lanjut Wu.

Dia menjelaskan, “Pihak Amerikalah yang datang ke China untuk memprovokasi dan mengobarkan masalah. Bagaimana militer China bisa mencegat pesawat dan kapal perang AS jika mereka tidak datang?”

“Merupakan tugas yang mustahil bagi AS untuk membahayakan keamanan nasional China sambil melakukan provokasi yang tidak terkendali. Militer China selalu waspada dan akan mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk secara tegas membela kedaulatan, keamanan, dan hak serta kepentingan maritim nasional China,” ungkap juru bicara itu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0934 seconds (0.1#10.140)