Tonton Aksi Ugal-ugalan Kapal Perusak AS Potong Jalur Kapal Perang China

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 19:32 WIB
loading...
Tonton Aksi Ugal-ugalan Kapal Perusak AS Potong Jalur Kapal Perang China
Kapal perusak Amerika Serikat USS Ralph Johnson (kanan) memotong jalur kapal perang China Guilin di Laut China Selatan pada 19 Agustus 2023. Foto/sputnik/X
A A A
BEIJING - Amerika Serikat (AS) berusaha menggambarkan China sebagai negara yang agresif, dengan mengklaim kapal perang dan pesawat tempurnya yang beroperasi di lepas pantai China diganggu dalam insiden yang tidak beralasan.

Kini, Beijing membalas dengan menerbitkan bukti bahwa kapal perang AS, yang berjarak ribuan mil dari wilayah AS, juga melakukan hal yang sama terhadap kapal China.

Menanggapi Pentagon yang merilis rekaman pertemuan udara yang diduga “berisiko” antara pesawat AS dan China di dekat wilayah udara China, Beijing membalas dengan videonya sendiri.



Pada Kamis (26/10/2023), Kolonel Wu Qian, juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional China (MND), menyajikan kepada wartawan rekaman dua insiden pada 19 Agustus 2023 yang melibatkan kapal perang Angkatan Laut AS dan Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat China (PLAN) yang dia gambarkan sebagai "provokatif."

Kedua insiden tersebut terjadi di Laut China Selatan dekat Kepulauan Xisha, kepulauan yang dikuasai China yang disebut Kepulauan Paracel dalam bahasa Inggris.

Dalam klip pertama, USS Ralph Johnson, kapal perusak kelas Arleigh Burke yang memiliki panjang 513 kaki dan bobot berbobot 9.217 ton, terlihat bermanuver di dekat kapal perusak PLAN Type 051 Guilin yang memiliki panjang 433 kaki dan bobot berbobot 3.670 ton, dan kapal Type Fregat 054A Huangshan yang panjangnya 440 kaki dan berbobot 4.053 ton.

Klip video tersebut menunjukkan USS Johnson melakukan beberapa manuver, termasuk memotong haluan Guilin, yang memaksa kapal China berlayar melalui perairan yang terganggu di belakang kapal USS Johnson, dan melakukan akselerasi mendadak.

“Kapal Perang AS 114, ini China 164,” ungkap audio yang direkam di kapal Guilin terdengar dalam video, mengacu pada nomor lambung kedua kapal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0992 seconds (0.1#10.140)