Tonton Aksi Ugal-ugalan Kapal Perusak AS Potong Jalur Kapal Perang China

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 19:32 WIB
loading...
A A A
Rilis dari China ini terjadi sepekan setelah Departemen Pertahanan AS menerbitkan lusinan foto dan video yang menggambarkan pertemuan antara pesawat mata-mata AS dan pesawat tempur China di wilayah udara lepas pantai China.

Dalam banyak contoh, pesawat China terbang dekat dengan pesawat AS, kadang-kadang sedekat 30 kaki, dan melakukan manuver seperti menjatuhkan suar atau terbang tepat di depan pesawat tempur AS.

Pentagon mengatakan rilis video tersebut “menggarisbawahi niat koersif (China) dengan melakukan perilaku khususnya di wilayah udara internasional.”

“Perilaku operasional semacam ini dapat menyebabkan kecelakaan aktif dan berbahaya serta dapat menyebabkan konflik yang tidak disengaja,” papar pernyataan Pentagon.

Dalam beberapa tahun terakhir, AS telah secara dramatis meningkatkan kehadiran militernya di udara, laut, dan darat di dekat China sebagai bagian dari “persaingan kekuatan besar” dengan China dan juga Rusia.

AS menuduh China dan Rusia berusaha membatalkan apa yang disebut “tatanan internasional berbasis aturan,” termasuk dengan membuat apa yang Washington anggap sebagai “klaim berlebihan” atas kendali, seperti atas pulau-pulau dan jalur air di Laut China Selatan atau atas Taiwan dan selat yang memisahkannya dari daratan.

AS dan sekutunya terlibat dalam apa yang mereka sebut “operasi kebebasan navigasi” di wilayah tersebut, yang melibatkan pesawat dan kapal perang mereka yang melewati wilayah tersebut seolah-olah China tidak memiliki klaim atas wilayah tersebut, sehingga sering terjadi ketegangan antara AS dan unit militer China memerintahkan mereka untuk pergi.

Di Laut China Selatan, Beijing telah bergabung dengan negara-negara regional lainnya dalam upaya menyusun kode etik jalur air tersebut, yang akan mengatur pertemuan antar negara di laut berdasarkan kesepakatan PBB dalam upaya meredakan ketegangan.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0898 seconds (0.1#10.140)