Profil Singkat Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina, Bersatu Hajar Israel

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:33 WIB
loading...
A A A
Beranjak dewasa, Nasrullah mulai bepergian guna mencari pengalaman dan ilmu. Ia pernah menjadi bagian dari sebuah sekolah Islam yang dipimpin Abbas al-Musawi.

Sekitar 1982, Nasrullah mengikuti Musawi menuju sebuah organisasi bernama Hizbullah. Didukung oleh Iran, kelompok tersebut didirikan sebagai tanggapan atas invasi Israel ke Lebanon.

Pada 1992, Musawi terbunuh atas sebuah serangan Israel. Berdasarkan permintaan Ayatollah Ali Khamenei dari Iran, ia mengambil posisi pimpinan Hizbullah.

Seiring waktu, Nasrullah mulai dikenal luas sebagai sosok berpengaruh di Hizbullah. Tak sekadar tampil dalam pidato-pidatonya, ia banyak mengambil keputusan penting bagi kelompoknya.

2. Ismail Haniyeh, Hamas


Mirip seperti Hizbullah, Hamas juga memiliki struktur organisasi yang cukup misterius. Dari sekian petinggi yang diketahui, nama Ismail Haniyeh dianggap sebagai pemimpin Hamas secara keseluruhan.

Profil Singkat Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina, Bersatu Hajar Israel


Ismail Abdussalam Ahmed Haniyeh dipilih sebagai kepala biro politik Hamas pada 2017. Waktu itu, ia menggantikan Khaled Meshaal.

Haniyeh lahir di kamp pengungsi Shati di Gaza. Ia pernah mengenyam pendidikan di Institut Al-Azhar Gaza dan meraih gelar dalam bidang Sastra Arab dari sebuah universitas Islam lokal.

Saat menjadi mahasiswa, Haniyeh bergabung dengan kelompok mahasiswa Islam yang dianggap nanti banyak melahirkan tokoh-tokoh Hamas. Dulunya, ia juga sempat menjadi asisten penting Ahmed Yassin.

Pada tahun 2018, pemerintah Amerika Serikat menetapkan Haniyeh sebagai teroris. Alasannya karena ia terindikasi berhubungan dekat dengan sayap militer Hamas yang banyak bertanggung jawab atas serangan bersenjata.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1567 seconds (0.1#10.140)