Profil Singkat Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina, Bersatu Hajar Israel

Jum'at, 27 Oktober 2023 - 15:33 WIB
loading...
Profil Singkat Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina, Bersatu Hajar Israel
Pemimpin Hizbullah Lebanon Sayyed Hassan Nasrallah bertemu Sekretaris Jenderal Jihad Islam Ziyad al-Nakhalah dan Wakil Pemimpin Hamas Sheikh Saleh al-Arouri di lokasi yang tidak diketahui dalam gambar yang dirilis pada 25 Oktober 2023. Foto/Hizbullah/REUT
A A A
BEIRUT - Pemimpin Hizbullah Lebanon menggelar pertemuan penting bersama petinggi Hamas dan Jihad Islam Palestina.Kabarnya, mereka tengah membahas taktik dan rencana untuk memenangkan perang melawan Israel.

Pertemuan para petinggi kelompok tersebut seakan menjadi isyarat bahwa konflik Israel dan Hamas akan menjalar dalam skala yang lebih besar.

Sejumlah pengamat militer pun telah memperingatkan bahwa kawasan Timur Tengah kemungkinan akan menjadi tempat berbahaya jika perang terus berlanjut.

Sebagai informasi, antara Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina memang sama-sama menjadikan Israel sebagai musuhnya. Namun, perlu diketahui bahwa ketiganya adalah kelompok yang berbeda dan masing-masing memiliki pemimpinnya sendiri.

Profil Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina

1. Hassan Nasrallah, Hizbullah


Hizbullah merupakan organisasi politik dan paramiliter yang berbasis di Lebanon. Pendiriannya dilakukan pada 1982 sebagai tanggapan atas invasi Israel ke Lebanon.

Profil Singkat Pemimpin Hizbullah, Hamas, dan Jihad Islam Palestina, Bersatu Hajar Israel


Struktur organisasi Hizbullah terbilang cukup misterius. Terdiri atas dua sayap utama (politik dan paramiliter), Hassan Nasrallah menjadi salah satu petinggi yang paling berpengaruh.

Mengutip Al Jazeera, Jumat (27/10/2023), Nasrallah lahir di Beirut pada 1960. Berasal dari keluarga agamis, sejak kecil ia belajar banyak hal mendalami tentang ajaran Islam.

Pada 1975, keluarganya terpaksa mengungsi akibat perang saudara di Lebanon. Di tempat barunya, ia bergabung dengan sebuah organisasi berpaham Syiah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0902 seconds (0.1#10.140)