Duta Besar Rusia untuk Sudan Ditemukan Tewas

Kamis, 24 Agustus 2017 - 08:55 WIB
Duta Besar Rusia untuk Sudan Ditemukan Tewas
Duta Besar Rusia untuk Sudan Ditemukan Tewas
A A A
KHARTOUM - Duta Besar Rusia untuk Sudan, Mirgayas Shirinsky, ditemukan tewas di kediamannya di ibukota Khartoum. Demikian konfirmasi yang diberikan oleh kementerian luar negeri dari kedua negara.

Shirinsky, yang berusia 60-an tahun, meninggal di kolam renangnya di kediaman duta besar di Khartoum utara.

"Duta Besar Rusia meninggal malam ini di kediamannya di Khartoum," kata kementerian Luar Negeri Sudan, tanpa memberi alasan kematian seperti disitat dari Al Araby, Kamis (24/8/2017).

Sementara Kementerian Luar Negeri Rusia mengkonfirmasi berita tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilaporkan oleh media pemerintah.

"Kami memberitahu Anda dengan menyesal bahwa Duta Besar Rusia untuk Sudan Mirgayas Shirinsky meninggal di Khartoum pada tanggal 23 Agustus," bunyi pernyataan tersebut.

"Segera setelah menerima informasi terperinci dari karyawan di kedutaan Rusia di Khartoum, kami akan memberitahu Anda tentang keadaan kematian rekan kami," sambung pernyataan itu.

Seorang perwira polisi senior mengatakan belum diketahui secara resmi apa penyebab kematian Shirinsky. Namun, pihak kepolisian telah mengesampingkan teoris konspirasi.

Shirinsky tercatat pernah bertugas di kedutaan besar Mesir, Yaman, Saudi dan Rwanda sebelum dikirim ke Sudan, menurut kantor berita Rusia Sputnik.

Shirinsky terlibat dalam pembebasan dua warga Rusia yang diculik di wilayah Darfur, Sudan, pada tahun 2015.

Sejumlah diplomat Rusia dan pejabat tinggi tewas dalam beberapa bulan terakhir ini.

Tujuh diplomat senior Rusia dan pejabat konsuler telah meninggal dalam setahun terakhir, termasuk duta besar untuk Turki yang ditembak di sebuah galeri seni di Ankara pada bulan Desember lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5039 seconds (0.1#10.140)