5 Bukti Presiden Joe Biden Adalah Zionis, Salah Satunya Terima Sumbangan Rp66 Miliar dari Kelompok Pro-Israel

Minggu, 22 Oktober 2023 - 15:39 WIB
loading...
5 Bukti Presiden Joe Biden Adalah Zionis, Salah Satunya Terima Sumbangan Rp66 Miliar dari Kelompok Pro-Israel
Presiden AS Joe Biden mengaku dirinya sebagai zionis. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Ketika Joe Biden bertemu dengan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu dan kabinet perangnya selama kunjungannya ke Israel , presiden AS meyakinkan mereka: "Saya tidak percaya Anda harus menjadi seorang Yahudi untuk menjadi seorang Zionis. dan saya seorang Zionis."

Para politisi dan jenderal yang berkumpul di ballroom hotel Tel Aviv mengangguk setuju, menurut seorang pejabat AS yang mengetahui pernyataan tertutup tersebut, bahkan ketika Israel membombardir Gaza sebagai pembalasan atas serangan dahsyat yang dilakukan oleh Hamas Palestina.

Berikut adalah 5 bukti bahwa Presiden AS Joe Biden adalah seorang Zionis.

1. Mengaku Sahabat Israel untuk Mengamankan Karier Politik Pemilu 2024

5 Bukti Presiden Joe Biden Adalah Zionis, Salah Satunya Terima Sumbangan Rp66 Miliar dari Kelompok Pro-Israel

Foto/Reuters

Biden, yang merupakan keturunan Katolik Irlandia, pernah menggunakan kata-kata serupa di masa lalu untuk menyatakan ketertarikannya terhadap Israel. Namun momen tersebut, yang belum pernah dilaporkan sebelumnya, menggambarkan bagaimana Biden sebagai salah satu “Sahabat Israel” terkemuka dalam politik Amerika tampaknya membimbingnya selama krisis yang menentukan dalam kepresidenannya.

Hal ini juga menggarisbawahi tantangan yang dihadapinya dalam menyeimbangkan dukungan yang tak tergoyahkan bagi Israel dan membujuk Netanyahu – yang memiliki sejarah panjang dengan Netanyahu – agar tidak memperburuk jumlah korban sipil dan krisis kemanusiaan di Gaza serta mempersulit pembebasan sandera Amerika lebih lanjut.

“Hubungan Biden dengan Israel tertanam kuat dalam DNA politiknya,” kata Aaron David Miller, mantan perunding Timur Tengah yang menjabat enam menteri luar negeri di pemerintahan Demokrat dan Republik, dilansir Reuters. “Suka atau tidak, dia berada di tengah krisis yang harus dia atasi.”

Reuters mewawancarai selusin ajudan, anggota parlemen, dan analis saat ini dan mantan pejabat, beberapa di antaranya mengatakan bahwa sikap Biden terhadap Netanyahu pada masa perang dapat memberikan pengaruh AS untuk mencoba melunakkan respons Israel di Gaza.

Dalam sesi pribadi mereka dengan para pembantunya pada hari Rabu, kedua pemimpin tidak menunjukkan ketegangan yang kadang-kadang menjadi ciri pertemuan mereka, menurut pejabat AS yang mengetahui pembicaraan tersebut.

Namun Biden mengajukan pertanyaan sulit kepada Netanyahu tentang serangan yang akan datang, termasuk "sudahkah Anda memikirkan apa yang akan terjadi keesokan harinya?" kata pejabat itu. Sumber-sumber AS dan regional menyatakan keraguannya bahwa Israel, yang bersumpah untuk menghancurkan Hamas, belum mencapai tujuan akhir.

Keberpihakan Biden dengan pemimpin sayap kanan tersebut berisiko mengasingkan sejumlah tokoh progresif di Partai Demokrat saat ia berupaya untuk terpilih kembali pada tahun 2024, dengan meningkatnya kecaman internasional terhadap taktik Israel yang juga menyalahkan AS.

Hal ini juga telah mendorong banyak warga Palestina dan negara-negara Arab lainnya untuk menganggap Biden terlalu bias dalam mendukung Israel untuk bertindak sebagai perantara perdamaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1114 seconds (0.1#10.140)