Situs Konstruksi Cerdas Jadi Alat Pengawasan Massal Terbaru China di Tibet

Sabtu, 21 Oktober 2023 - 11:35 WIB
loading...
A A A
Keberadaan penjara dan pusat penahanan yang luas di seluruh Tibet telah didokumentasikan dalam laporan terbaru RAND yang diterbitkan tahun ini.

Menurut Pemerintahan Pusat Tibet, sistem pengawasan di Tibet semata-mata ditujukan untuk memantau warga Tibet dan melakukan penangkapan dan penahanan sewenang-wenang terhadap berbagai aktivitas termasuk, ekspresi keras terkait identitas dan budaya Tibet, dan ketidaksetujuan terhadap kebijakan pemerintah.

Aktivitas lain meliputi aksi protes damai, penentangan terhadap kampanye pendidikan ulang politik, memasang foto Dalai Lama, mengunggah atau berbagi informasi tentang pelanggaran hak asasi manusia, dan menjaga kontak dengan warga Tibet yang tinggal di pengasingan.

Pemasangan kamera pengintai yang tersebar luas melalui platform "Situs Konstruksi Cerdas" di seluruh TAR merupakan salah satu dari banyak alat pengawasan intrusif China terhadap warga Tibet.

Di TAR dan daerah-daerah pra-pendudukan lainnya di Tibet, program pengawasan mencakup "tim kader berbasis desa"; sistem kontrol sosial bernama Double-linked Household; pengawasan massal melalui pembangunan jaringan 5G; pengawasan biometrik atau genomik secara massal dengan mengumpulkan DNA warga Tibet menggunakan persediaan kit DNA Thermo Fisher; dan banyak lainnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1445 seconds (0.1#10.140)