Ukraina Serang Pangkalan Rusia dengan Rudal ATACMS Amerika untuk Pertama Kalinya

Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:07 WIB
loading...
Ukraina Serang Pangkalan Rusia dengan Rudal ATACMS Amerika untuk Pertama Kalinya
Ukraina serang dua pangkalan Rusia menggunakan rudal ATACMS pasokan Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Foto/REUTERS/Ilustrasi
A A A
KYIV - Pasukan Ukraina, untuk pertama kalinya, menyerang dua pangkalan udara utama Rusia menggunakan rudal jarak jauh ATACMS pasokan Amerika Serikat (AS).

Serangan terhadap dua target di belakang garis musuh itu berlangsung pada Selasa kemarin. Itu diungkap para pejabat Amerika yang dilansir New York Times, Rabu (18/10/2023).

Penggunaan rudal jarak jauh ATACMS oleh Ukraina ini menjadi kejutan karena Presiden AS Joe Biden mengatasi keengganannya yang sudah lama ada untuk menyediakan senjata tersebut kepada Kyiv.

Menurut para pejabat AS, Biden mengizinkan Pentagon untuk mengirimkan senjata itu secara diam-diam dalam beberapa hari terakhir.



Keputusan untuk mengirim rudal tersebut mewakili perubahan yang dilakukan pemerintahan Biden pada saat militer Ukraina sedang berjuang dalam serangan balasan di selatan dan timur negara itu.

Biden khawatir pengiriman senjata yang lebih kuat dapat meningkatkan konflik dengan Rusia.

Seorang pejabat AS yang mengetahui serangan tersebut mengatakan pasukan Ukraina menggunakan rudal ATACMS untuk menyerang dua pangkalan udara di wilayah yang diduduki pasukan Rusia pada hari Selasa.

Pasukan operasi khusus Ukraina mengatakan serangan itu merusak landasan pacu dan menghancurkan sembilan helikopter, sebuah gudang amunisi, sebuah peluncur rudal antipesawat, dan peralatan militer.

Klaim tersebut belum dapat diverifikasi secara independen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)