Ukraina Serang Pangkalan Rusia dengan Rudal ATACMS Amerika untuk Pertama Kalinya

Rabu, 18 Oktober 2023 - 11:07 WIB
loading...
A A A
Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky membenarkan penggunaan rudal tersebut.

“Hari ini saya sangat berterima kasih kepada Amerika Serikat,” katanya dalam pidato malamnya.

“Perjanjian kami dengan Presiden Biden sedang dilaksanakan. Dan penerapannya sangat akurat—ATACMS telah membuktikan dirinya.”

Tidak jelas seberapa besar perbedaan yang akan dihasilkan sistem rudal ini di medan perang dibandingkan dengan senjata lain yang disediakan Barat, termasuk tank.

Namun, para pejabat AS mengatakan bahwa serangan tersebut cukup untuk menjangkau hampir semua pangkalan utama yang digunakan Rusia untuk dukungan udara dan untuk memasok pasukan mereka di Ukraina.

Salah satu syarat yang dikenakan pada Ukraina adalah ATACMS—yang merupakan singkatan dari Sistem Rudal Taktis Angkatan Darat—tidak boleh digunakan untuk menyerang ke dalam wilayah Rusia, kata seorang pejabat Amerika.

Setelah banyak laporan bahwa keputusan telah dibuat untuk memasok senjata, pengiriman senjata tersebut dilakukan secara rahasia, karena kekhawatiran bahwa senjata tersebut dapat diserang oleh Rusia saat dikirim ke Kyiv. Selain itu, Ukraina ingin mencoba membuat Rusia lengah.

Dua pejabat Barat mengatakan Amerika Serikat telah mengirimkan sekitar 20 rudal ke Ukraina.

Versi rudal ATACMS yang dikirim ke Ukraina, yang menurut para pejabat jumlahnya kecil, adalah munisi tandan yang mengeluarkan 950 bom kecil yang dapat menimbulkan kerusakan di wilayah yang luas. Senjata jenis itu dilarang berdasarkan perjanjian internasional yang belum ditandatangani oleh Amerika Serikat.

Rudal ATACMS adalah jenis senjata cluster kedua yang diketahui telah diberikan AS ke Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1409 seconds (0.1#10.140)