Ratusan Anggota ISIS Kembali ke Prancis, Paris Was-was

Minggu, 06 Agustus 2017 - 16:46 WIB
Ratusan Anggota ISIS Kembali ke Prancis, Paris Was-was
Ratusan Anggota ISIS Kembali ke Prancis, Paris Was-was
A A A
PARIS - Pemerintah Prancis saat ini dilaporkan tengah dalam kondisi waspada tinggi, setelah adanya laporan ratusan anggota ISIS yang telah kembali ke Prancis. Sejauh ini diketahui adal 217 anggota ISIS yang telah kembali ke Prancis, di mana beberapa diantara sudah berhasil dimankan oleh otoritas keamanan Prancis.
"217 warga negara Prancis telah kembali ke Prancis setelah berperang di Timur Tengah. Selain itu, sekitar 54 anak di bawah umur yang pernah berperang dengan ISIS juga telah kembali ke rumah," kata Menteri Dalam Negeri Prancis, Gerard Collomb.
"Beberapa diantara mereka, yang jumlahnya dirahasiakan telah ditahan, sementara sisanya diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum," sambungnya dalam sebuah wawancara dengan media setempat, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (3/8).
Dia mengungkapkan, sekitar 700 militan Prancis telah melakukan perjalanan ke Irak dan Suriah selama beberapa tahun terakhir. Beberapa dari mereka telah terbunuh dengan jumlah pasti tidak diketahui.
"Dengan bertambahnya jumlah militan yang kembali, ancaman serangan teroris di Prancis tetap sangat tinggi. Setidaknya tujuh rencana serangan telah digagalkan sejak awal tahuh," ungkapnya.
Collomb menambahkan, selain orang yang kembali, 18.500 orang lainnya telah ditandai di bawah sistem pemantauan pencegahan untuk perilaku radikal.
Perancis telah dalam kondisi siaga sejak Januari 2015, saat dilanda serangkaian serangan teroris yang berhubungan dengan ISIS. Serangan terbesar terjadi pada bulan November 2015, ketika 130 orang terbunuh dan lebih dari 360 terluka dalam serangan teror terkoordinasi di Paris dan Saint-Denis, sebuah kota pinggiran utara Paris.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4950 seconds (0.1#10.140)