5 Sinyal Perang Israel-Hamas Akan Meluas, dari Suriah hingga Keterlibatan Hizbullah

Minggu, 15 Oktober 2023 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Serangan tersebut merupakan serangan pertama Israel terhadap Suriah sejak Hamas melancarkan serangan terbesarnya terhadap Israel dalam beberapa dekade pada hari Sabtu.

Israel selama bertahun-tahun telah melakukan serangan terhadap sasaran di Suriah, termasuk bandara utama negara tersebut, sebagai bagian dari operasi yang diyakini bertujuan mengganggu jalur pasokan Iran.

Pada bulan Mei, serangan udara Israel menyerang bandara Aleppo, menewaskan tiga orang dan membuat fasilitas tersebut tidak berfungsi lagi.

Suriah dan Iran adalah sekutu dekat dan pengaruh Teheran semakin besar sejak negara itu mulai mendukung Presiden Bashar al-Assad dalam perang saudara yang dimulai pada tahun 2011. Suriah membantah bahwa Teheran memiliki kehadiran militer yang luas di negara tersebut.


5. Dua Kapal Induk AS Dukung Israel

5 Sinyal Perang Israel-Hamas Akan Meluas, dari Suriah hingga Keterlibatan Hizbullah

Foto/Reuters

Pentagon telah memerintahkan kelompok penyerang kapal induk kedua ke Laut Mediterania bagian timur dan mengirimkan jet tempur Angkatan Udara ke wilayah tersebut ketika Israel bersiap untuk memperluas operasinya di Gaza.

Kapal perang AS tidak dimaksudkan untuk bergabung dalam pertempuran di Gaza atau mengambil bagian dalam operasi Israel, namun kehadiran dua kapal Angkatan Laut paling kuat dirancang untuk mengirimkan pesan pencegahan terhadap Iran dan proksi Iran di wilayah tersebut, seperti Hizbullah di Lebanon.

"Gerakan tersebut adalah bagian dari upaya kami untuk mencegah tindakan permusuhan terhadap Israel atau upaya apa pun untuk memperluas perang ini setelah serangan Hamas terhadap Israel,” kata Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Sabtu

Kelompok penyerang kapal induk pertama, dipimpin oleh USS Gerald R. Ford, tiba di lepas pantai Israel pekan lalu.

Kini kelompok penyerang USS Dwight D. Eisenhower, yang dikerahkan dari Norfolk, Virginia, pada hari Jumat, sedang menuju ke Mediterania timur. Kapal induk tersebut awalnya akan berlayar ke perairan Komando Eropa AS. Eisenhower dapat membawa lebih dari 60 pesawat, termasuk jet tempur F/A-18. Ford dapat mengerahkan lebih dari 75 pesawat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1544 seconds (0.1#10.140)