Arti dan Sejarah Bendera Israel, Berakar dari Simbol Gerakan Zionis

Selasa, 10 Oktober 2023 - 15:07 WIB
loading...
Arti dan Sejarah Bendera Israel, Berakar dari Simbol Gerakan Zionis
Bendera Israel ternyata memiliki arti dan sejarahnya sendiri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bendera Israel ternyata memiliki arti dan sejarahnya sendiri. Penggunaan bendera tersebut mulai berlaku tak lama setelah negaranya berdiri.

Israel merupakan sebuah negara yang berada di kawasan Asia Barat. Mereka berbagi perbatasan dengan Lebanon di utara, Suriah di timur laut, Yordania di timur, Mesir di barat daya, hingga Laut Merah di bagian selatan.

Layaknya negara lain, Israel juga memiliki benderanya sendiri. Mereka mempunyai desain yang mudah dikenali bersama warna biru dan putih yang dominan.

Secara umum, bendera Israel memiliki latar belakang putih dengan dua garis horizontal berwarna biru di tepi atas dan bawah. Kemudian, pada bagian tengahnya juga ada gambar Bintang Daud warna biru.

Sejarah dan Arti Bendera Israel

Sejarah Bendera Israel


Sejarah bendera Israel tak bisa dilepaskan dari pengaruh gerakan Zionis. Saat deklarasi pendirian negara Israel tahun 1948, terdapat gambar Theodor Herzl yang diapit oleh bendera World Zionist Organization (WZO).

Mengutip laman Jewish Virtual Library, Selasa (10/10/2023), bendera WZO menggunakan simbol Bintang Daud. Kelompok Zoinis sendiri ternyata sudah biasa menggunakannya sejak Kongres Zionis pertama pada 1897.

Pada akhirnya, bendera tersebut dipilih dan dijadikan sebagai simbol negara Israel. Terkait alasannya, disebutkan bahwa tujuannya adalah mencerminkan semangat gerakan Zionis di masa lalu.

Arti Bendera Israel


Pada desainnya, bendera Israel memiliki beberapa komponen yang menjadi ciri khasnya. Antara lain seperti Star of David (Bintang Daud), garis biru, hingga latar belakang putih.

- Star of David (Bintang Daud)

Bintang Daud telah dikenal secara global sebagai simbol Yahudi. Bentuknya adalah heksagram dari dua segitiga yang membentuk bintang dengan enam ujung.

Penggunaan simbol Bintang Daud sejatinya sudah sangat lama. Namun, statusnya baru diakui sebagai simbol Yudaisme sekitar tahun 1897 ketika kongres Zionis menyetujui penggunaannya.

- Garis Biru dan Latar Belakang Putih

Kombinasi garis biru dan latar belakang putih pada bendera Israel terinspirasi dari simbol tallit, sebuah selendang yang biasa digunakan orang Yahudi ketika berdoa. Perpaduan warna tersebut melambangkan hubungan antara Tuhan dengan umat Yahudi.

Warna biru melambangkan langit, sedangkan putih adalah kesucian. Maka dari itu, mereka menyematkan dua kombinasi warna tersebut bersama simbol Bintang Daud.

Demikian ulasan mengenai sejarah dan arti bendera Israel yang menarik diketahui.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)