Perang Israel-Hamas Makin Brutal, Rusia dan China Dorong Perundingan Damai

Senin, 09 Oktober 2023 - 19:15 WIB
loading...
Perang Israel-Hamas Makin Brutal, Rusia dan China Dorong Perundingan Damai
Personel darurat memadamkan api setelah roket diluncurkan dari Jalur Gaza, di kota Ashkelon, Israel, 7 Oktober 2023. Foto/REUTERS/Amir Cohen
A A A
NEW YORK - Rusia dan China memperjuangkan proses perdamaian sejati di Timur Tengah pada pertemuan Dewan Keamanan PBB pada Minggu (8/10/2023).

Pertemuan Dewan Keamanan PBB membahas serangan baru-baru ini yang dilakukan kelompok pejuang Palestina Hamas di Israel.

Ini menjadi serangan terburuk Hamas yang pernah terjadi di Israel dalam beberapa dekade.

“Pesan saya adalah: Penting untuk segera menghentikan pertempuran, melakukan gencatan senjata dan melakukan negosiasi yang bermakna, yang telah terhenti selama beberapa dekade,” tegas Vassily Nebenzia, perwakilan tetap Rusia untuk PBB, kepada wartawan setelah sesi darurat Dewan Keamanan pada Minggu.

Nebenzia menekankan Rusia mengutuk semua serangan terhadap warga sipil.

Duta Besar China Zhang Jun menyuarakan posisi serupa menjelang pertemuan tersebut, mendesak dunia “untuk kembali ke solusi dua negara.”

Namun Dewan Keamanan PBB tidak mengeluarkan pernyataan bersama mengenai masalah ini karena perbedaan pendapat di antara para anggota.

Sementara itu, Amerika Serikat (AS) meminta seluruh 15 anggotanya mengutuk “serangan teroris keji yang dilakukan oleh Hamas.”



Setelah sesi tersebut, Wakil Duta Besar AS Robert Wood mengatakan “sejumlah negara” mengindahkan seruan Washington, namun tidak semuanya, Dia menambahkan para wartawan dapat menebak siapa yang dimaksudnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1499 seconds (0.1#10.140)