Kalah Lawan Azerbaijan, Sekutu Rusia Ancam Membelot ke Prancis

Sabtu, 07 Oktober 2023 - 08:48 WIB
loading...
A A A
Pada tanggal 19 September, Baku melancarkan apa yang disebutnya operasi kontra-teroris di Nagorno-Karabakh, yang memisahkan diri dari Azerbaijan pada awal tahun 1990-an.

Pasukan Baku merebut kembali wilayah tersebut dalam hitungan hari dan pemerintah daerah kantong tersebut membubarkan diri pada tanggal 28 September sebagai bagian dari gencatan senjata.

Hal ini diikuti eksodus lebih dari 100.000 warga sipil Armenia atau hampir 90% dari perkiraan populasi Karabakh, menurut sumber-sumber Armenia.

Yerevan berdiri di pinggir lapangan selama pertempuran, dan pemerintahan Perdana Menteri Nikol Pashinyan menuduh Moskow gagal menyelamatkan Nagorno-Karabakh.

Mengomentari perkembangan pada pertemuan ke-20 Klub Diskusi Internasional Valdai di Sochi pada hari Kamis, Presiden Rusia Vladimir Putin mengungkapkan Moskow telah mengusulkan kompromi kepada Armenia mengenai Nagorno-Karabakh, tetapi Yerevan memilih “mengambil jalannya sendiri.”

Pemimpin Rusia tersebut kemudian menekankan Perdana Menteri Pashinyan telah secara eksplisit mengakui kedaulatan Azerbaijan atas wilayah tersebut selama pertemuan yang diselenggarakan oleh Uni Eropa pada Oktober 2022 di Praha.

Hal ini secara efektif membuka jalan bagi operasi Baku setahun kemudian, menurut Putin. Dia menyimpulkan dengan menyatakan Armenia “tetap menjadi sekutu kami.”
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)