Kebakaran Hutan di Kanada Barat Picu Keadaan Darurat

Senin, 10 Juli 2017 - 00:34 WIB
Kebakaran Hutan di Kanada Barat Picu Keadaan Darurat
Kebakaran Hutan di Kanada Barat Picu Keadaan Darurat
A A A
KAMLOOPS - Sekitar 180 kebakaran hutan melanda sejumlah besar British Columbia, Kanada Barat. Kondisi ini mendorong dilakukannya evakuasi terhadap 3.000 rumah tangga dan diberlakukannya keadaan darurat dalam 14 tahun terakhir.

Lautan api tersebar di ratusan bagian pedalaman provinsi ini, terbakar melalui hutan kering yang digunakan untuk penebangan hutan dan padang rumput yang merupakan rumah bagi peternakan. Temperatur tinggi dan angin menyulitkan usaha pemadaman kebakaran.

"Situasi cuaca tidak menguntungkan. Api sangat agresif sehingga sulit untuk dipadamkan secara langsung," kata John Rustad, menteri provinsi yang bertanggung jawab atas operasi pemadaman kebakaran seperti dikutip dari Reuters, Senin (10/7/2017).

Serentetan kebakaran hutan dimulai pada hari Jumat, ketika terjadi kebakaran baru-baru ini, sebagian besar dipicu oleh petir dalam badai listrik kering.

Tidak ada korban luka atau korban tewas yang dilaporkan. Pejabat provinsi mengatakan bahwa mereka tidak tahu berapa banyak kerusakan yang terjadi, meskipun pengungsi mengatakan bahwa mereka telah meninggalkan hewan ternak dan menyaksikan rumah mereka yang rusal dan bangunan lainnya.

Beberapa pengungsi berhasil mencapai pusat darurat di sebuah fasilitas olahraga di Kamloops, sekitar 250 kilometer timur laut Vancouver.

Beberapa orang mengatakan mereka tidak diberi waktu yang cukup untuk mengemasi barang mereka. Yang lain, yang telah jauh dari rumah mereka karena berlibur, takut akan kehilangan barang-barang yang disayangi dalam kebakaran.

Upaya pemadaman telah dilakukan dengan menyiramkan zat pemadam dari pesawat pengembom air. Pemerintah federal Kanada telah menawarkan untuk membantu British Columbia menanggapi kebakaran hutan yang cepat menyebar, meskipun pemerintah provinsi mengatakan bahwa mereka mungkin memiliki cukup sumber daya.

Rustad mengatakan bahwa dia memperkirakan sekitar 260 personil dari yurisdiksi lain di Kanada mendukung satu tim yang terdiri lebih dari 1.600 orang yang membantu memadamkan kebakaran tersebut.

"Kami membawa sejumlah besar sumber daya untuk menghadapinya," katanya, mencatat bahwa prioritas utama mereka adalah menjaga agar masyarakat tetap aman.

British Columbia terakhir mendeklarasikan keadaan darurat pada Agustus 2003, yang juga menghadapi kebakaran hutan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3038 seconds (0.1#10.140)