Tersandung Skandal dan Berselisih dengan Trudeau, Menkeu Kanada Resign

Selasa, 18 Agustus 2020 - 16:53 WIB
loading...
Tersandung Skandal dan Berselisih dengan Trudeau, Menkeu Kanada Resign
Menteri Keuangan (Menkeu) Kanada Bill Morneau mengundurkan diri. Foto/The Times
A A A
OTTAWA - Menteri Keuangan (Menkeu) Kanada mengundurkan diri di tengah perselihan dengan Perdana Menteri (PM) Justin Trudeau mengenai kebijakan pengeluaran. Ia juga mendapat kecaman karena hubungannya dengan badan amal yang ditarik untuk menjalankan program hibah siswa.

Bill Morneau mengatakan dia tidak akan mencalonkan diri lagi di parlemen dan akan berusaha menjadi sekretaris jenderal Organisasi untuk Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) berikutnya.

Baru minggu lalu, Trudeau menyatakan kepercayaan kepada menteri keuangannya saat rumor mengenai keretakan di antara kedua pria tersebut. Morneau (57) telah bekerja sejak Trudeau yang Liberal mengambil alih kekuasaan pada tahun 2015.

"Pagi ini saya pergi ke perdana menteri dan saya mengajukan pengunduran diri saya," kata Morneau kepada wartawan pada konferensi pers yang diatur dengan tergesa-gesa pada Senin malam.

"Sangat tepat jika perdana menteri mencari seseorang dengan pendekatan jangka panjang untuk peran tersebut, karena saya tidak mencalonkan diri," tambahnya seperti dikutip dari France24, Selasa (18/8/2020).

Morneau dan timnya telah menolak menteri kabinet lainnya tentang berapa banyak dana pandemi yang dibutuhkan, termasuk sejauh mana pemulihan pasca-lockdown dapat dibantu dengan berinvestasi dalam proyek lingkungan, sebuah sumber mengatakan kepada Reuters pada hari Minggu.(Baca: Inggris, AS dan Kanada Tuduh Rusia Hendak Curi Data Vaksin Covid-19 )

Trudeau, yang berkampanye di platform untuk mengatasi perubahan iklim, percaya anggaran 2021 harus memiliki elemen lingkungan yang ambisius untuk mulai menyapih ekonomi yang sangat bergantung pada minyak dari bahan bakar fosil. Ia baru-baru ini mempekerjakan mantan Gubernur Bank of England Mark Carney sebagai penasihat informal.

Defisit anggaran Kanada diperkirakan mencapai USD253,4 miliar pada tahun fiskal ini, defisit terbesar sejak Perang Dunia Kedua. Total dukungan virus Corona hampir 14% dari produk domestik bruto.

Dolar Kanada menunjukkan sedikit reaksi terhadap berita tersebut.

"Kami memiliki sedikit kelemahan tipe menjual rumor menjelang pengunduran diri," kata Ray Attrill, kepala strategi forex di National Australia Bank di Sydney.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)