Justin Trudeau Kembali Terpilih jadi PM Kanada Ketiga Kalinya

loading...
Justin Trudeau Kembali Terpilih jadi PM Kanada Ketiga Kalinya
Justin Trudeau kembali terpilih menjadi PM Kanada ketiga kalinya. Foto/Sky News
OTTAWA - Justin Trudeau kembali memenangkan masa jabatan ketiga sebagai perdana menteri Kanada , meski gagal memenangkan kursi mayoritas.

Partai Liberal Trudeau memenangkan kursi terbanyak dari partai mana pun, memegang 157 - jumlah yang sama yang mereka menangkan pada 2019, kurang dari 13 kursi untuk mendapatkan 170 yang dibutuhkan untuk mayoritas di House of Commons.

Itu berarti Trudeau (49) dan pemerintah minoritas kedua berturut-turut harus bergantung pada pihak lain untuk memerintah.

Pemimpin Konservatif Erin O'Toole, yang partainya menempati posisi kedua, mengakui kekalahan saat hasil perhitungan masih mengalir hingga larut malam.



Baca juga: Trudeau Berharap Paus Francis Kunjungi Kanada, Minta Maaf atas Sekolah Asimilasi Paksa

Hasil awal menunjukkan Partai Konservatif memiliki 121 kursi, jumlah yang sama yang mereka menangkan pada 2019. Partai Demokrat Baru yang berhaluan kiri memenangkan 29, Blok Quebecois yang berbasis di Quebec turun tiga kursi menjadi 28, dan Partai Hijau tetap di dua kursi.

Setelah kemenangannya, Trudeau mengucapkan terima kasih kepada para pendukungnya dan berjanji akan bekerja dengan pihak lain untuk kebaikan semua warga Kanada.

"Anda mengirim kami kembali bekerja dengan mandat yang jelas untuk membawa Kanada melewati pandemi ini dan menuju hari-hari yang lebih cerah di masa depan," katanya seperti dikutip Sky News, Selasa (21/9/2021).

Dia juga menyoroti isu-isu penting untuk platform partainya - aksi iklim, rumah terjangkau dan penitipan anak, berjanji untuk terus bekerja pada isu-isu tersebut.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top