Perangi Penindasan Perempuan, Aktivis Iran Menangi Hadiah Nobel Perdamaian

Jum'at, 06 Oktober 2023 - 16:32 WIB
loading...
A A A
Berbeda dengan hadiah Nobel lainnya yang dipilih dan diumumkan di Stockholm, pendiri Alfred Nobel menetapkan bahwa hadiah Nobel Perdamaian diputuskan dan diberikan di Oslo oleh lima anggota Komite Nobel Norwegia.

Panel independen ditunjuk oleh parlemen Norwegia.



Tahun ini, panitia menerima 351 nominasi – 259 untuk individu dan 92 untuk organisasi. Orang-orang yang dapat mengajukan nominasi termasuk mantan pemenang Hadiah Nobel Perdamaian, anggota komite, kepala negara, anggota parlemen dan profesor ilmu politik, sejarah dan hukum internasional.

Hadiah Nobel Perdamaian adalah hadiah kelima dari sejumlah hadiah dari berbagai kategori yang diumumkan tahun ini yang diumumkan. Sehari sebelumnya, komite Nobel memberikan penghargaan kepada penulis Norwegia Jon Fosse untuk bidang sastra. Pada hari Rabu, hadiah kimia diberikan kepada ilmuwan AS Moungi Bawendi, Louis Brus, dan Alexei Ekimov.

Hadiah fisika diberikan pada hari Selasa kepada fisikawan Prancis-Swedia Anne L’Huillier, ilmuwan Prancis Pierre Agostini, dan Ferenc Krausz kelahiran Hongaria. Katalin Kariko asal Hongaria-Amerika dan Drew Weissman dari Amerika memenangkan Hadiah Nobel bidang kedokteran pada hari Senin.

Musim Nobel berakhir pada hari Senin dengan pengumuman pemenang hadiah Nobel Ekonomi, yang secara resmi dikenal sebagai Hadiah Bank Swedia dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel.

Hadiah dibagikan pada upacara penghargaan pada bulan Desember di Oslo dan Stockholm.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1803 seconds (0.1#10.140)