Ghana Berhasil Luncurkan Satelit Pertamanya ke Orbit

Sabtu, 08 Juli 2017 - 06:45 WIB
Ghana Berhasil Luncurkan Satelit Pertamanya ke Orbit
Ghana Berhasil Luncurkan Satelit Pertamanya ke Orbit
A A A
ACCRA - Ghana telah berhasil meluncurkan satelit pertamanya ke luar angkasa. GhanaSat-1, yang dikembangkan oleh mahasiswa All Nations University di Koforidua, dikirim ke orbit dari International Space Center.

Keceriaan 400 orang meletus, termasuk para insinyur, yang berkumpul di kota selatan Ghana saat menyaksikan secara live peluncuran tersebut. Sinyal pertama diterima beberapa saat kemudian.

Ini adalah puncak dari proyek dua tahun yang menelan biaya hingga USD50 ribu. Proyek ini sendiri mendapat dukungan dari Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA) seperti dikutip dari BBC, Sabtu (8/7/2017).

Satelit tersebut akan digunakan untuk memantau garis pantai Ghana dengan tujuan pemetaan, dan untuk membangun kapasitas dalam ilmu pengetahuan dan teknologi ruang angkasa.

Koordinator proyek Dr Richard Damoah mengatakan bahwa ini menandai sebuah awal baru bagi negara tersebut. "Ini telah membuka pintu bagi kita untuk melakukan banyak aktivitas dari luar angkasa," katanya.

"Ini juga akan membantu kami melatih generasi mendatang tentang bagaimana menerapkan satelit dalam berbagai aktivitas di sekitar wilayah kami. Misalnya, pemantauan penambangan liar adalah salah satu hal yang ingin kita capai," imbuhnya.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4184 seconds (0.1#10.140)