18 Negara Afrika Jajahan Inggris dan Faktor Pendorongnya

Rabu, 17 Mei 2023 - 23:35 WIB
loading...
18 Negara Afrika Jajahan Inggris dan Faktor Pendorongnya
18 negara Afrika jajahan Inggris dan faktor pendorongnya. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ada beberapa negara afrika bekas jajahan Inggris. Inggris menjajah mereka karena faktor ekonomi, agama, dan militer.

Berikut adalah daftar negara-negara di Afrika yang pernah menjadi jajahan Inggris:

1. Nigeria
2. Ghana
3. Kenya
4. Uganda
5. Afrika Selatan
6. Zimbabwe
7. Zambia
8. Tanzania
9. Malawi
10. Botswana
11. Sierra Leone
12. Gambia
13. Kamerun
14. Sudan
15. Lesotho
16. Swaziland
17. Mauritius
18. Seychelles

Sebagian besar negara-negara di atas meraih kemerdekaannya dari Inggris pada tahun 1960-an. Inggris memperoleh kendali atas negara-negara ini melalui kolonialisasi dan ekspansi ke berbagai wilayah di Afrika pada abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Sebagai jajahan, Inggris melakukan berbagai tindakan ekonomi, politik, dan sosial yang sangat memengaruhi perkembangan negara-negara tersebut dan memberikan dampak yang dirasakan hingga saat ini.

Ada beberapa faktor yang mendorong Inggris untuk menjajah negara-negara di Afrika pada abad ke-19 dan awal abad ke-20. Beberapa faktor utama yang memengaruhi kebijakan kolonial Inggris di Afrika antara lain:

1. Motivasi ekonomi

Inggris mencari sumber daya alam yang dapat diambil dari Afrika seperti emas, karet, kopi, teh, dan bijih besi. Inggris juga melihat Afrika sebagai pasar yang potensial untuk memasarkan produk-produknya.

2. Kebijakan politik dan militer

Inggris ingin memperluas kekuasaannya di seluruh dunia, sehingga menganggap penting untuk memiliki koloni dan pengaruh yang kuat di Afrika.

Inggris juga khawatir akan kekuatan dan pengaruh negara-negara Eropa lain di Afrika, seperti Prancis dan Belgia.

3. Alasan agama dan moral

Ada kelompok masyarakat Inggris yang berkeyakinan bahwa tugas moral mereka adalah untuk membawa agama Kristen dan budaya Barat ke Afrika, dan membantu "mencerahkan" penduduk setempat.

Namun, kolonialisme Inggris di Afrika juga menyebabkan penderitaan dan ketidakadilan yang besar bagi penduduk asli. Kebijakan kolonial Inggris seperti pemberlakuan kerja paksa, pemisahan kelompok etnis, dan eksploitasi sumber daya alam yang merusak lingkungan hidup masih berdampak negatif bagi negara-negara di Afrika hinggasaatini.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)