Taliban: Rencana Pakistan Usir Ribuan Warga Afghanistan Tidak Dapat Diterima

Kamis, 05 Oktober 2023 - 08:05 WIB
loading...
Taliban: Rencana Pakistan Usir Ribuan Warga Afghanistan Tidak Dapat Diterima
Taliban mengecam rencana Pakistan untuk mengusir ribuan pengungsi Afghanistan. Foto/Ilustrasi
A A A
KABUL - Taliban mengecam rencana Pakistan untuk mengusir ratusan ribu pengungsi dan migran Afghanistan dengan menyebut rencana itu tidak dapat diterima. Taliban pun menyangkal tuduhan Islamabad bahwa warga Afghanistan bertanggung jawab atas masalah keamanan Pakistan.

“Perilaku Pakistan terhadap pengungsi Afghanistan tidak dapat diterima,” kata Zabihullah Mujahid, juru bicara pemerintahan Taliban di Kabul, dalam sebuah postingan di platform media sosial X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

“Pengungsi Afghanistan tidak terlibat dalam masalah keamanan Pakistan. Selama mereka meninggalkan Pakistan secara sukarela, negara itu harus menoleransi mereka,” katanya seperti dikutip dari Al Jazeera, Kamis (5/10/2023).

Menurut angka terbaru PBB, sekitar satu juta warga Afghanistan terdaftar sebagai pengungsi di Pakistan dan 880.000 lainnya memiliki status hukum untuk tetap tinggal.

Namun pemerintah sementara Pakistan pada hari Selasa mengatakan bahwa ada 1,73 juta warga Afghanistan yang tinggal di Pakistan tanpa status hukum, dan menetapkan batas waktu 1 November bagi mereka untuk meninggalkan Pakistan atau menghadapi pengusiran.



Untuk membenarkan tindakan kerasnya, Menteri Dalam Negeri sementara Pakistan Sarfraz Bugti menuduh warga Afghanistan telah melakukan 14 dari 24 bom bunuh diri di Pakistan tahun ini.

Namun Taliban menolak tuduhan tersebut.

“Kami menyangkal semua klaim ini karena warga Afghanistan bermigrasi ke negara lain demi keselamatan dan keamanan mereka,” kata Abdul Mutalib Haqqani, juru bicara Kementerian Pengungsi dan Repatriasi Afghanistan.

“Wajar jika seseorang bermigrasi ke negara lain demi keselamatannya, dia tidak ingin ada ketidakamanan di sana,” katanya kepada kantor berita AFP.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)