7 Keunggulan Drone Tempur Bayraktar Akinci, Berteknologi AI dan Bekerja Layaknya Jet Tempur

Selasa, 03 Oktober 2023 - 21:26 WIB
loading...
A A A
Drone tempur ini memiliki panjang 12,2 m, tinggi 4,1 m, lebar sayap 20 m, dan berat lepas landas maksimum 5,500 kg. Ia memiliki kemampuan untuk lepas landas dan mendarat di landasan pacu.

3. Mengandalkan Kecerdasan Buatan atau AI

7 Keunggulan Drone Tempur Bayraktar Akinci, Berteknologi AI dan Bekerja Layaknya Jet Tempur

Foto/Reuters

UAV tempur dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan triple redundant. Sistem avionik bertenaga kecerdasan buatan (AI) ganda yang terintegrasi ke dalam platform membantu meningkatkan pemrosesan sinyal, fusi sensor, dan kesadaran situasional secara real-time. Fitur-fitur canggih dari Akinci UCAV mencakup mode penerbangan otomatis dan semi-otomatis, serta kontrol penerbangan dan arsitektur avionik yang unik.

Satelit yang dikembangkan di dalam negeri dapat digunakan untuk mengendalikan drone tempur. Drone ini menggunakan fitur AI canggih untuk mengumpulkan dan memproses data yang diterima dari sensor dan kamera onboard. Sensor dan aktuator sangat berlebihan.

Sistem AI dapat menentukan detail penting yang berkaitan dengan pesawat seperti sudut roll, stand up, dan orientasi.

4. Dilengkapi Teknologi Sensor Super Canggih

Drone ini memiliki kapasitas untuk membawa muatan maksimum 1.350 kg termasuk penunjukan elektro-optik/inframerah/laser simultan (EO/IR/LD), radar array pemindaian elektronik aktif (AESA) multi-mode, dan sistem intelijen sinyal (SIGINT). .

5. Mampu Mengangkut Rudal Jarak Jauh

7 Keunggulan Drone Tempur Bayraktar Akinci, Berteknologi AI dan Bekerja Layaknya Jet Tempur

Foto/Reuters

UCAV akan dilengkapi dengan muatan senjata yang berbeda seperti amunisi pintar berpemandu laser, rudal, dan senjata jarak jauh.

Muatan senjata yang dapat dibawa oleh drone tersebut antara lain rudal Cirit, mini smart munition Bozok, MAM-L (termobarik), MAM–C (high-explosive), rudal sistem rudal anti-tank jarak jauh (L-UMTAS), Bom berpemandu MK-81, MK-82, MK-83 (JDAM). UCAV juga dapat dipersenjatai dengan rudal udara-ke-udara Gokdogan dan Bozdogan, bom berpemandu MK-82 berbantuan sayap, dan SO

6. Dikendalikan dengan Transmisi Satelit

Stasiun kendali darat menggunakan triple band untuk menerapkan kendali garis pandang (LOS) dan transmisi video, sedangkan kendali melampaui garis pandang (BLOS) dan transmisi video drone diaktifkan melalui komunikasi satelit (SATCOM).

Drone ini mendukung operasi BLOS melalui jaringan satelit global dan terminal data darat yang ada.

Stasiun kendali darat dilengkapi berbagai komponen termasuk sistem perlindungan spesifikasi NATO, sistem radio taktis, sistem interkom, konsol pilot multi-fungsi, radar, dan konsol operator muatan.

7. Memiliki Daya Tahan hingga 20 Jam

7 Keunggulan Drone Tempur Bayraktar Akinci, Berteknologi AI dan Bekerja Layaknya Jet Tempur

Foto/Reuters

Akinci ditenagai dua mesin turboprop yang masing-masing mampu menghasilkan keluaran tenaga sebesar 450 hp. Pilihan untuk memasang mesin 750 hp atau mesin 240 hp buatan lokal juga tersedia.

Pesawat tak berawak tersebut dapat menggunakan bahan bakar jenis jet-A1 dan JP-8. Dorongan ke atas diberikan oleh turboprop dengan baling-baling lima bilah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1654 seconds (0.1#10.140)