Negara Uni Eropa Lainnya Sita Mobil Berpelat Rusia

Senin, 02 Oktober 2023 - 21:15 WIB
loading...
Negara Uni Eropa Lainnya Sita Mobil Berpelat Rusia
Petugas polisi memeriksa kendaraan di perbatasan Ceko-Slovakia di Stary Hrozenkov, Ceko. Foto/REUTERS
A A A
PRAHA - Republik Ceko telah menyita setidaknya satu mobil dengan pelat nomor Rusia berdasarkan peraturan kontroversial Brussels.

Surat kabar Rusia Izvestia melaporkan hal itu pada Senin (1/10/2023), mengutip informasi dari pemerintah Jerman.

Bulan lalu, Uni Eropa (UE) menginstruksikan negara-negara anggotanya untuk menyelidiki kendaraan pribadi yang terdaftar di Rusia di wilayah mereka karena berpotensi melanggar sanksi blok tersebut terhadap perdagangan dengan Rusia.

Sebagian besar negara anggota yang berbatasan dengan negara tersebut telah melarang mobil semacam itu sama sekali, dan beberapa bahkan mempertimbangkan menyita mobil yang berada di dalam perbatasan mereka.

Republik Ceko dilaporkan telah menyita setidaknya satu kendaraan dengan pelat nomor Rusia.

Pemerintah federal Jerman membagikan informasi ini kepada seorang anggota parlemen, yang menanyakan bagaimana negaranya dan anggota UE lainnya menerapkan pembatasan tersebut.

Izvestia mengatakan pihaknya memperoleh tanggapan yang diberikan pada 21 September kepada Eugen Schmidt, anggota partai oposisi Alternatif untuk Jerman (AfD). Tidak ada rincian tentang penyitaan yang dilaporkan.

Pemerintah Ceko secara terbuka menyatakan tidak berniat menyita mobil Rusia setelah pedoman UE dirilis.

“Kami tidak akan menyita barang dan mobil dari warga Rusia di pasar dalam negeri karena mereka telah diizinkan berada di wilayah UE,” papar Menteri Urusan Eropa Ceko Martin Dvorak saat itu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)