Ukraina Boleh Gunakan Rudal Jerman untuk Serang Rusia

Minggu, 01 Oktober 2023 - 03:01 WIB
loading...
Ukraina Boleh Gunakan Rudal Jerman untuk Serang Rusia
Ketua Komite Pertahanan Bundestag Marie-Agnes Strack-Zimmermann. Foto/REUTERS
A A A
BERLIN - Ketua Komite Pertahanan Bundestag Marie-Agnes Strack-Zimmermann mendukung penyediaan rudal jelajah Taurus buatan Jerman kepada Ukraina.

Anggota parlemen tersebut juga berpendapat Kiev mempunyai hak menyerang sasaran di Crimea, dan di wilayah Rusia secara umum.

Sejauh ini, pemerintahan Kanselir Olaf Scholz enggan memasok rudal jarak jauh ke Kiev, meskipun sudah berulang kali diminta.

Dalam wawancara dengan surat kabar Berliner Morgenpost yang diterbitkan pada Sabtu (30/9/2023), Strack-Zimmermann berpendapat Berlin “sekarang harus segera mengirimkan Taurus,” karena pengerahan rudal jelajah tersebut dapat membantu militer Ukraina mengganggu jalur pasokan Rusia.

Ketika ditanya apakah dia mempunyai masalah dengan Kiev yang berpotensi menggunakan rudal-rudal tersebut untuk menyerang sasaran di tanah Rusia, anggota parlemen tersebut menjawab dengan negatif, dan menambahkan “itu termasuk Krimea.”

Menurut anggota parlemen tersebut, hukum internasional memberi Ukraina hak untuk “menyerang sasaran militer juga di wilayah agresor Rusia,” dengan menggunakan senjata apa pun yang mereka miliki, terlepas dari asal usulnya.

Namun, penggunaan rudal Taurus yang disengaja terhadap warga sipil akan dilarang, seperti halnya pengerahan pasukan Jerman ke Ukraina, jelas Strack-Zimmermann.



Ketika ditanya apakah dia khawatir atas potensi pemotongan bantuan Amerika Serikat ke Kiev jika Donald Trump menjadi presiden tahun depan, ketua Komite Pertahanan Bundestag mengakui, tanpa dukungan Washington, konflik akan berkembang secara berbeda.

Namun, dia menegaskan, jika Eropa bersatu dalam upayanya, maka mereka dapat memikul beban untuk mendukung Ukraina sendirian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1248 seconds (0.1#10.140)