9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Sabtu, 30 September 2023 - 04:40 WIB
loading...
A A A
Bendungan besar ini dibangun untuk menampung dan mengatur air dari Sungai Indus untuk keperluan irigasi. Selain itu, untuk pembangkitan energi Hydel yang murah.

Fasilitas pembangkit listrik tenaga air yang ada memasok sekitar 16% listrik yang dihasilkan di Pakistan. Bendungan memainkan peran penting dalam perekonomian dan kehidupan masyarakat.

3. Bendungan Ataturk di Turki

9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Foto/Travel.Earth

Bendungan Ataturk yang dibangun di sepanjang Sungai Eufrat di Turki merupakan salah satu bendungan tertinggi di dunia dengan ketinggian 166 meter.

Bendungan ini juga termasuk bendungan terbesar dan terpanjang di dunia. Memiliki waduk yang sangat besar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang langsung menuju tempat olahraga air.

Orang umumnya mengunjungi Bendungan selama bulan September hingga Oktober untuk menikmati Festival Olahraga terkenal dan juga kompetisi berlayar bendungan Ataturk Internasional yang diadakan selama periode ini.

4. Bendungan Oahe di AS

9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Foto/Travel.Earth

Oahe adalah bendungan terbesar kedua di sepanjang Sungai Missouri dan juga merupakan salah satu bendungan terbesar di dunia. Bendungan ini dibangun pada tahun 1968 dan telah menciptakan waduk buatan terbesar keempat di AS yang populer disebut Danau Oahe yang membentang 231 mil dari Bendungan.

Karena kekayaan keanekaragaman hayatinya, danau ini menjadi tujuan wisata utama yang menawarkan para pengamat burung untuk bersenang-senang dan mendapatkan pengalaman. Perairan besar di bendungan ini juga merupakan rumah bagi ikan sturgeon pucat langka dan berbagai spesies ikan yang akan membuat kunjungan Anda berkesan.

5. Bendungan Jinping –I di Provinsi Sichuan, China

Setelah bendungan Rogun di Tajikistan hancur akibat banjir, Bendungan Jinping –I di Provinsi Sichuan, China menduduki peringkat bendungan tertinggi di dunia dengan tinggi lengkungan 305 meter.

Bendungan ini dibangun di tikungan Jinping Sungai Yalong untuk produksi pembangkit listrik tenaga air. Bendungan lengkung setinggi 305 meter dan panjang 568 meter ini menyuplai pembangkit listrik tenaga air dengan air yang dibutuhkan untuk pembangkitan listrik.

Menjadi bendungan tertinggi di dunia, ini adalah struktur zaman modern yang menakjubkan untuk dinikmati.

6. Bendungan Tiga Ngarai di Provinsi Hubei, China

9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Foto/Travel.Earth

Bendungan Tiga Ngarai di Provinsi Hubei China merupakan bendungan pembangkit listrik tenaga air terbesar di dunia berukuran lebar 2,3 kilometer dan tinggi 192 meter. Nama bendungan ini diambil dari lokasinya di dekat tiga ngarai di Sungai Yangtze di kaki Pegunungan Wu Shan bagian barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0789 seconds (0.1#10.140)