9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Sabtu, 30 September 2023 - 04:40 WIB
loading...
9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India
Bendungan Jingping-I dikenal salah satu terbesar di dunia. Foto/Travel.Earth
A A A
LONDON - Bendungan merupakan bangunan yang dibangun di seberang sungai, aliran sungai, atau muara yang menghentikan atau membatasi aliran air. Bendungan yang dibangun menciptakan reservoir air yang menekan banjir di sungai dengan mengendalikan aliran air.

Itu menyediakan badan air untuk berbagai kegiatan seperti irigasi pertanian, keperluan industri seperti pembangkit listrik tenaga air, kegiatan olah raga air, dan bahkan untuk konsumsi manusia pada musim kemarau.

Bendungan telah dibangun dari peradaban yang sangat kuno di seluruh dunia dan akan menjadi pengalaman yang menarik untuk mengunjungi beberapa bendungan besar yang terletak di seluruh dunia.

Berikut adalah 9 bendungan besar di dunia.

1. Bendungan Hirakud, India

9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Foto/Travel.Earth

Melansi Travel.Earth, Hirakud merupakan bendungan terpanjang di dunia, dengan panjang 27 km, dibangun pada tahun 1957 di seberang Sungai Mahanadi, dan merupakan tujuan wisata utama di negara bagian Odisha.

Bendungan ini memiliki dua Minar yaitu Gandhi Minar dan Nehru Minar. Gandhi Minar berputar memberikan pemandangan bendungan dan sekitarnya yang menakjubkan kepada para pengunjung.

Bendungan Hirakud adalah destinasi sepanjang musim. Di musim hujan, orang menikmati pemandangan indah Sungai Mahanadi yang mengalir deras dan jika berkunjung di musim dingin, burung-burung migran yang datang ke waduk akan membuat banyak terpesona.

Dikatakan lebih dari 200 candi terendam karena pembangunan bendungan saay berkunjung di musim panas. Orang akan dapat melihat sisa-sisa banyak candi kuno yang terendam saat hujan.

Bendungan Hirakud adalah Bendungan India tertua pasca kemerdekaan dan kunjungan ke keajaiban sejarah dan teknik India ini akan memberi pengalaman seumur hidup.


2. Bendungan Tarbela, Pakistan

9 Bendungan Terbesar di Dunia, Mayoritas di China dan India

Foto/Travel.Earth

Terletak sekitar 473 km dari Lahore di Pakistan, Bendungan Tarbela adalah struktur berisi tanah dan batu terbesar di dunia dengan luas permukaan 250 Kilometer persegi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1169 seconds (0.1#10.140)