10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Sabtu, 30 September 2023 - 02:30 WIB
loading...
A A A
Kota kuno Lebanon ini terletak di Kegubernuran Selatan, di pantai Mediterania, dan merupakan salah satu kota tertua di dunia. Sidon telah dihuni sejak sekitar 4.000 SM atau mungkin bahkan lebih awal sekitar 6.000 SM, karena terdapat bukti keberadaan manusia di Sidon sejak zaman prasejarah.

Sidon, yang berarti “perikanan” dalam bahasa Yunani, juga merupakan salah satu pusat terpenting Kekaisaran Fenisia sebagai pelabuhan penting di Mediterania. Inilah sebabnya mengapa kota ini ditaklukkan oleh kerajaan-kerajaan terbesar di dunia seperti Asyur, Babilonia, Persia, Yunani, Mesir, Makedonia, Romawi, dan kemudian Ottoman.

Juga dipengaruhi oleh pemerintahan Perancis dan kemudian Inggris di era modern, Sidon saat ini adalah rumah bagi 200.000 orang.

10. Varanasi: Kota Tertua di India

10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Foto/Travel.Earth

Terletak di tepi barat Sungai Gangga di Uttar Pradesh di India, Varanasi, juga dikenal sebagai Benaras, adalah kota tertua di India. Kota ini adalah tempat kelahiran agama tertua di dunia, Hinduisme, dan memiliki akar kuno yang sangat penting secara historis bagi umat Buddha dan Sikh juga.

Varanasi diyakini telah dihuni selama lebih dari 8000 tahun. Selama Abad Pertengahan, kota suci ini berkembang pesat sebagai pusat kepentingan budaya dan pendidikan agama di bawah pemerintahan Muslim. Saat ini, kota ini juga terkenal dengan kain muslin, sutra, parfum, dan patung. Ini menarik peziarah dan wisatawan dari seluruh dunia.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1173 seconds (0.1#10.140)