10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Sabtu, 30 September 2023 - 02:30 WIB
loading...
A A A
Aleppo, yang dikenal sebagai Halab dalam bahasa Arab, adalah sebuah kota metropolitan kuno di Suriah, dan salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia.

Kota ini terletak di salah satu ujung Jalur Sutra antara Laut Mediterania dan Mesopotamia, yang menjadikannya pusat penting pada zaman kuno. Aleppo terus dihuni sejak 6000 SM dan faktanya, terdapat sisa-sisa pemukiman manusia yang berasal dari tahun 11,000 SM.

Kota modern Aleppo masih menempati sebagian besar situs kuno tersebut, dan sebelum perang saudara Suriah, dulunya merupakan kota terbesar di negara tersebut.

Kota ini selamat dari berbagai penaklukan di masa lalu namun sayangnya telah mengalami kehancuran dan kehancuran akibat Pertempuran Aleppo yang terjadi dari tahun 2012 hingga 2016 sebagai bagian dari perang saudara Suriah.

Ribuan orang harus mengungsi dari rumah mereka akibat perang, yang juga menjadikan Aleppo kota terbesar kedua dengan sekitar dua juta penduduk.

7. Plovdiv: Kota terbesar kedua di Bulgaria

Salah satu kota tertua yang berpenghuni di Eropa, Plovdiv terletak di bagian tengah-selatan Bulgaria. Ini adalah kota terbesar kedua di negara ini dan telah dihuni sejak 4.000 SM dimulai dengan pemukiman Neolitikum.

Plovdiv adalah salah satu kota tertua di dunia karena sejarahnya mencakup lebih dari enam milenium. Disebut Pulpudeva pada zaman Thracia, namanya diubah menjadi Philippopolis pada tahun 341 SM setelah penaklukan oleh Philip II dari Makedonia.

Plovdiv memiliki warisan sejarah dan budaya yang sangat beragam karena dihuni oleh orang Thracia dan kemudian diserang oleh Persia, Yunani, Celtic, Romawi, Goth, Hun, Bulgar, Rus, Tentara Salib, dan Turki Ottoman. Kota ini ditetapkan oleh Uni Eropa sebagai Ibu Kota Kebudayaan Eropa pada tahun 2019.

8. Jericho: Kota Tertua di Dunia

10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Foto/Travel.Earth

"Gunung Pencobaan, Israel. Gunung Pencobaan adalah tempat Yesus menghabiskan empat puluh hari empat puluh malam berpuasa dan bermeditasi selama godaan Setan."
Terletak di Lembah Yordan, dengan Sungai Yordan di timur dan Yerusalem di barat, Jericho diyakini sebagai kota tertua di dunia.

Permukiman berkelanjutan di kota ini telah ada sejak 3000 SM dan bukti pemukiman manusia sudah ada sejak sekitar 9.000 SM. Para arkeolog telah menemukan sisa-sisa 20 pemukiman berturut-turut di Jericho, menjadikannya pesaing kuat untuk pemukiman tertua yang masih ada di dunia. Kota ini beberapa kali dihancurkan dan ditinggalkan, namun juga dibangun kembali beberapa kali selama bertahun-tahun.

Saat ini, kota legendaris ini dihuni oleh 20.000 orang dan merupakan salah satu tujuan wisata paling menarik di Palestina. Jericho adalah rumah bagi tembok pelindung tertua di dunia, Tembok Yerikho, dan makam Musa, tempat Yesus dibaptis, Gunung Pencobaan, tempat Yesus dicobai oleh iblis, dan Gua Qumran, tempat Gulungan Laut Mati ditemukan.

9. Sidon: Kota Terbesar Ketiga di Lebanon

10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Foto/Travel.Earth
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1087 seconds (0.1#10.140)