10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Sabtu, 30 September 2023 - 02:30 WIB
loading...
A A A
Secara tradisional, Argos diyakini sebagai rumah leluhur dinasti Argead, rumah kerajaan Makedonia kuno, namun menurut penelitian, kota ini tetap netral sepanjang sejarah.

Kota ini tidak berpartisipasi dalam Perang Yunani-Persia, namun masih memiliki pengaruh yang kuat dalam sejarah Yunani, dan tetap menjadi tempat yang indah untuk mengunjungi monumen kuno. Saat ini, Argos adalah rumah bagi 22.000 penduduk.

4. Damaskus: Mutiara Dari Timur

Ibu kota dan kota terbesar di Suriah, Damaskus terletak di bagian barat daya negara tersebut. Kota kuno Damaskus didirikan pada milenium ke-3 SM dan diterima secara luas sebagai salah satu kota tertua di dunia.

Dikenal secara lokal sebagai Ash-Sham, kota ini juga merupakan salah satu kota tertua di Timur Tengah. Dengan bantuan berbagai situs penggalian, para arkeolog telah membuktikan bahwa Damaskus pertama kali dihuni antara 8.000 dan 10.000 SM.

Kota ini pernah menjadi ibu kota Kekhalifahan Umayyah (661 hingga 750), serta kota komersial dan politik penting di wilayah tersebut selama berabad-abad setelahnya.

Baru-baru ini dinobatkan sebagai ibu kota Kebudayaan Arab (2008), Damaskus telah menyaksikan banyak peradaban besar naik dan turun. Itulah alasan mengapa kota ini memiliki begitu banyak budaya termasuk campuran elemen seperti perencanaan kota Romawi dan Yunani, serta arsitektur Islam (Masjid Umayyah) (link artikel masjid).

Damaskus adalah salah satu kota tertua yang terus dihuni di dunia dan saat ini menjadi rumah bagi lebih dari dua juta penduduk.

5. Susa: Salah Satu Kota Paling Penting di Dunia Kuno

10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Foto/Travel.Earth

Kota kuno ini terletak di kaki Pegunungan Zagros dekat tepi sungai Karkheh KĹ«r (Choaspes) di barat daya Iran. Susa, juga dikenal sebagai Shushan, dimulai sebagai pemukiman kecil pada 7.000 SM dan karenanya merupakan salah satu kota tertua di dunia.

Kota ini adalah salah satu kota terpenting di Timur Dekat Kuno karena pernah menjadi ibu kota Elam dan Achaemen.

Susa terletak sekitar 250 km (160 mil) di sebelah timur Sungai Tigris dan kedekatan inilah yang menjadikan Susa salah satu kota terpenting di dunia kuno. Bangunan ini diyakini telah dihancurkan seluruhnya oleh bangsa Asiria, namun segera dibangun kembali, dan menjadi masa kejayaannya pada masa Kekaisaran Persia.

Saat ini, Susa memberikan kesaksian luar biasa terhadap tradisi budaya Elam, Persia, dan Parthia, yang sebagian besar telah hilang.

6. Aleppo: Kota Terbesar di Suriah Sebelum Perang Saudara Suriah

10 Kota Kuno di Dunia yang Teruji Waktu, Nomor 8 Diperebutkan Israel dan Palestina

Foto/Travel.Earth
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0999 seconds (0.1#10.140)