Kekuatan Militer Kanada, Negara NATO yang Ribut dengan India

Jum'at, 29 September 2023 - 13:21 WIB
loading...
Kekuatan Militer Kanada, Negara NATO yang Ribut dengan India
Militer Kanada, negara NATO yang sedang ribut dengan India. Foto/The Globe and Mail
A A A
JAKARTA - Kanada sedang berseteru dengan India setelah Ottawa menuduh agen-agen rahasia New Delhi membunuh aktivis Sikh; Hardeep Singh Nijjar.

Nijjar, yang telah menjadi warga negara Kanada, dianggap India sebagai pemimpin separatis Sikh.

Kanada mengeklaim tuduhannya tersebut kredibel dan bersumber dari jaringan spionase Five Eyes atau lima mata (Amerika Serikat, Inggris, Kanada, Australia, dan Selandia Baru).

Namun India menepis tuduhan tersebut. Lebih dari itu, New Delhi mengusir diplomat Ottawa sebagai respons protes. New Delhi juga menghentikan pemberian visa baru bagi warga Kanada.

Sejauh ini perseteruan kedua negara baru pada level keributan diplomatik. Diharapkan, perseteruan ini tidak melebar hingga ke ranah militer karena kedua pihak sama-sama negara yang kuat.

Sekadar diketahui, India merupakan salah satu negara kekuatan nuklir dunia. Sedangkan Kanada merupakan anggota aliansi militer NATO pimpinan Amerika Serikat (AS).



Kekuatan Militer Kanada

Peringkat Kekuatan Militer

Pada 2023, kekuatan militer Kanada berada di peringkat 27 dari 145 negara versi tinjauan tahunan Global Fire Power (GFP). Negara ini memiliki skor Power Index sebesar 0,3956.

Anggaran Pertahanan

Anggaran pertahanan Kanada saat ini mencapai USD36.300.000.000
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)