Hubungan Memanas, India Hentikan Pemberian Visa Baru bagi Warga Kanada

Kamis, 21 September 2023 - 22:32 WIB
loading...
Hubungan Memanas, India Hentikan Pemberian Visa Baru bagi Warga Kanada
India hentikan pemberian visa baru kepada warga Kanada karena hubungan kedua negara yang memanas. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - India menangguhkan visa baru bagi warga Kanada dan meminta Ottawa mengurangi kehadiran diplomatiknya di negara itu.

Hal ini meningkatkan pertikaian yang dipicu oleh tuduhan Perdana Menteri Justin Trudeau yang mengaitkan New Delhi dengan pembunuhan separatis Sikh.

Kementerian luar negeri India mengatakan Kanada belum membagikan informasi spesifik apa pun sehubungan dengan tuduhan yang dilontarkan Trudeau dan bahwa New Delhi bersedia mempertimbangkannya jika ada.

Penangguhan visa baru oleh India untuk negara Barat merupakan hal yang belum pernah terjadi sebelumnya dan merupakan titik terendah dalam hubungan India-Kanada.

Pengumuman tersebut disampaikan beberapa jam setelah komisi tinggi Kanada di India mengatakan untuk sementara waktu akan “menyesuaikan” kehadiran staf di negara tersebut setelah beberapa diplomat menerima ancaman di platform media sosial.

Namun juru bicara Kementerian Luar Negeri India Arindam Bagchi mengatakan Ottawa telah diminta untuk mengurangi jumlah misi diplomatiknya di India untuk menyeimbangkan misi kedua negara.

Bagchi mengatakan India menunda penerbitan visa baru bagi warga negara Kanada karena adanya "ancaman keamanan" terhadap stafnya di konsulatnya di Kanada.

India belum memberikan bukti apa pun atau memberikan rincian mengenai sifat ancaman keamanan tersebut, dan Menteri Keamanan Publik Kanada Dominic LeBlanc mengatakan sebagai tanggapan pada hari Rabu bahwa Kanada adalah negara yang aman.

“Anda menyadari ancaman keamanan yang dihadapi oleh komisi tinggi dan konsulat kami di Kanada. Hal ini mengganggu fungsi normal mereka,” kata Bagchi kepada wartawan pada konferensi mingguan pada hari Kamis.

“Oleh karena itu, komisi tinggi dan konsulat kami untuk sementara tidak dapat memproses permohonan visa,” katanya, seraya menambahkan bahwa situasi keamanan akan ditinjau secara berkala.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)