Tak Takut Diancam China, Filipina Minta Para Nelayan Terus Berlayar di Zona Sengketa

Rabu, 27 September 2023 - 18:08 WIB
loading...
A A A
Namun klaim tersebut mempersulit kegiatan perikanan dan minyak dan gas lepas pantai oleh negara-negara tetangganya di Asia Tenggara.

Tarriela mengatakan biro perikanan Filipina telah berhasil menambatkan sebuah kapal hanya 300 m dari laguna Scarborough Shoal, titik terdekat sejak China merebutnya pada tahun 2012.

Tidak jelas apakah penggunaan penghalang oleh China mewakili perubahan status quo yang telah ada sejak tahun 2017 di mana penjaga pantai Beijing mengizinkan warga Filipina beroperasi di sana, meskipun dalam skala yang jauh lebih kecil daripada China.

Hal ini terjadi di tengah hubungan yang memburuk, dengan Filipina yang semakin tegas atas perilaku penjaga pantai China di ZEE-nya, seiring dengan penguatan hubungan militer dengan sekutunya Amerika Serikat dengan memperluas akses ke pangkalan-pangkalannya.

“Dangkalan Scarborough lebih dekat ke Filipina,” kata nelayan Pepito Fabros yang mendarat di provinsi Zambales di sela-sela perjalanan melaut. “Mengapa mereka melarang kita masuk?”
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0935 seconds (0.1#10.140)