Tak Takut Diancam China, Filipina Minta Para Nelayan Terus Berlayar di Zona Sengketa

Rabu, 27 September 2023 - 18:08 WIB
loading...
Tak Takut Diancam China, Filipina Minta Para Nelayan Terus Berlayar di Zona Sengketa
Filipina makin memiliki posisi yang jelas menghadapi China dalam sengketa Laut China Selatan. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Penjaga pantai Filipina mendesak para nelayan di negara itu untuk tetap beroperasi di Scarborough Shoal yang disengketakan dan lokasi lain di Laut Cina Selatan. Mereka juga berjanji untuk meningkatkan patroli di sana meskipun ada kehadiran China yang makin intensif.

"Kapal-kapal Filipina tidak dapat mempertahankan kehadirannya secara konstan tetapi berkomitmen untuk melindungi hak-hak nelayan di dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) negara tersebut," kata juru bicara penjaga pantai Komodor Jay Tarriela, dilansir Reuters pada Rabu (27/9/2023).

“Kami akan meningkatkan patroli di Bajo de Masinloc dan daerah lain di mana para nelayan Filipina berada,” katanya kepada radio DZRH. Itu mengacu pada dangkalan tersebut, salah satu fitur maritim yang paling diperebutkan di Asia, dengan nama Filipinanya.

Pada hari Senin, penjaga pantai memotong penghalang terapung sepanjang 300 m yang dipasang oleh China yang memblokir akses ke Scarborough Shoal. Itu merupakan respons yang berani di wilayah yang telah dikuasai Beijing selama lebih dari satu dekade dengan kapal penjaga pantai dan armada besar.

Respons China telah terukur, dan Kementerian Luar Negeri Beijing sudah memperingatkan Manila untuk menghindari provokasi dan tidak menimbulkan masalah.



Namun demikian, Menteri Pertahanan Filipina Gilbert Teodoro mengatakan pemotongan penjagaan oleh Filipina bukanlah sebuah provokasi.

“Kami bereaksi terhadap tindakan mereka,” katanya. “Mereka bergerak lebih dulu, mereka menghalangi nelayan kami.”

Singkapan berbatu di tengah laut ini merupakan lokasi berbagai pertikaian diplomatik. Kedua negara mengklaim kedaulatan atas perairan dangkal tersebut, yang merupakan tempat penangkapan ikan utama sekitar 200 km dari Filipina dan 850 km dari daratan China dan pulau Hainan di selatan.

Dekat dengan jalur pelayaran yang mengangkut perdagangan tahunan senilai USD3,4 triliun, kendali atas perairan dangkal tersebut sangat strategis bagi Beijing, yang mengklaim kedaulatan atas sebagian besar Laut China Selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0879 seconds (0.1#10.140)