Bersitegang dengan China, AS Dekati Vietnam Buat Beli Jet Tempur F-16

Minggu, 24 September 2023 - 14:03 WIB
loading...
A A A
Awal bulan ini, Vietnam meningkatkan status diplomatik Washington ke Hanoi, bersama China dan Rusia, ketika Presiden AS Joe Biden mengunjungi negara tersebut.

Perubahan haluan diplomatik menandai perubahan tajam hampir setengah abad setelah berakhirnya Perang Vietnam.



Sejak embargo senjata dicabut pada tahun 2016, ekspor pertahanan AS ke Vietnam terbatas pada kapal penjaga pantai dan pesawat latih, sementara Rusia telah memasok sekitar 80% persenjataan negara tersebut.

Vietnam menghabiskan sekitar USD2 miliar setiap tahunnya untuk impor senjata, dan Washington optimis bahwa mereka dapat mengalihkan sebagian dari anggaran tersebut dalam jangka panjang untuk membeli senjata dari Amerika Serikat atau sekutu dan mitranya, terutama Korea Selatan dan India.

Biaya persenjataan Amerika merupakan kendala utama, begitu juga dengan pelatihan mengenai peralatan tersebut, dan merupakan salah satu alasan mengapa negara tersebut menerima senjata Amerika dalam jumlah kurang dari USD400 juta selama dekade terakhir.

“Para pejabat Vietnam sangat menyadari bahwa mereka perlu menyebarkan kekayaan,” kata pejabat AS tersebut.

“Kita perlu memimpin upaya membantu Vietnam mendapatkan apa yang dibutuhkannya,” imbuhnya.

Sementara itu, perang di Ukraina telah memperumit hubungan lama Hanoi dengan Moskow, membuat pasokan dan suku cadang senjata buatan Rusia semakin sulit diperoleh. Meskipun demikian, Vietnam juga secara aktif melakukan pembicaraan dengan Moskow mengenai kesepakatan pasokan senjata baru yang dapat memicu sanksi AS, demikian yang dilaporkan Reuters.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)