5 Persenjataan Militer China yang Sukses Dimodernisasi

Jum'at, 22 September 2023 - 03:31 WIB
loading...
5 Persenjataan Militer China yang Sukses Dimodernisasi
China terus mengembangkan teknologi militernya. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - Upaya modernisasi militer jangka panjang China membuahkan hasil. Itu terwujud dengan serangkaian peningkatan kapal perang dan pesawat tempurnya yang sedang berlangsung di tengah meningkatnya ketegangan di Indo-Pasifik, khususnya Selat Taiwan.

Berikut adalah 5 persenjataan baru yang sukses dimodernisasi oleh China.

1. Helikopter Baru

5 Persenjataan Militer China yang Sukses Dimodernisasi

Foto/Reuters

Melansir Reuters, China memamerkan mesin helikopter turboshaft berkekuatan 1.100 kilowatt di pameran helikopter di Tianjin pekan lalu.

Seorang pakar militer Chinamengatakan kepada Reuters bahwa mesin bertenaga tinggi, yang diperlihatkan untuk pertama kalinya, adalah kunci bagi pengembangan helikopter kelas menengah dan berat di China.

China masih tertinggal dalam pengembangan helikopter besar yang dapat membawa lebih banyak senjata dan kargo. Mereka juga dapat memainkan peran penting dalam mengangkut personel dan peralatan dalam skenario konflik.


2. Frigat yang Lebih Besar dan Canggih

5 Persenjataan Militer China yang Sukses Dimodernisasi

Foto/Reuters

China meluncurkan versi kapal fregat terbesarnya yang lebih besar dan lebih canggih pada akhir bulan Agustus.

Para ahli yang mengatakan bahwa kapal fregat Tipe 054B yang baru dapat dilengkapi dengan sistem propulsi listrik terintegrasi (IEP). radar yang lebih canggih dengan kemampuan deteksi yang lebih baik, dan sistem tenaga gabungan diesel dan gas yang membuatnya lebih sulit untuk dideteksi.

Fregat baru ini berbobot sekitar 6.000 metrik ton - 2.000 ton lebih berat dari 054A saat ini. Kapal itu ini juga dilengkapi dengan meriam utama 100mm, menggantikan meriam utama 76mm pada 054A, menurut laporan media.

Kapal baru tersebut memiliki panjang sekitar 147 meter dan lebar 18 meter, sedangkan 054A memiliki panjang 134,1 meter dan lebar 15,2 meter.

Tipe 054B akan melaju lebih cepat, melaju lebih jauh, dan lebih sulit dideteksi, sehingga lebih baik dalam tugas anti-kapal selam. Itu bisa digunakan sebagai pengawal kapal induk.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)