Armada Hantu AL AS Dikirim ke Pasifik untuk Menghadapi China

Jum'at, 22 September 2023 - 00:17 WIB
loading...
Armada Hantu AL AS Dikirim ke Pasifik untuk Menghadapi China
Armada Hantu AL AS disiapkan menghandapi provokasi China. Foto/US Navy
A A A
TOKYO - Armada Hantu yang terdiri dari kapal drone Angkatan Laut AS , atau kapal permukaan tak berawak (USV), melakukan kunjungan pertama ke sekutu utama di Pasifik Barat. Itu sebagai langkah Pentagon memperhatikan dengan cermat drone sebagai alat untuk melawan kekuatan militer China.

Ranger dan Mariner, dua USV, tiba di Armada Yokosuka di Jepang. Kunjungan pelabuhan yang dijadwalkan dilakukan pada saat Integrated Battle Problem (IBP), yaitu acara berkelanjutan yang berfokus pada pengujian, pengembangan, dan evaluasi kemampuan kapal drone.

Kedua kapal tersebut, seperti beberapa kapal lainnya, adalah bagian dari proyek yang disebut Ghost Fleet Overlord, yang dimulai pada tahun 2018 dan merupakan cara untuk mengintegrasikan kapal permukaan besar tak berawak ke dalam Angkatan Laut. Ranger dan Mariner adalah bagian dari Unmanned Surface Vessel Division ONE (USVDIV-1), sebuah unit yang mengelola integrasi dan eksperimen perahu drone.

“Teknologi tak berawak dan otonom adalah kunci untuk mengembangkan kerangka operasi maritim terdistribusi kami,” kata Laksamana Muda Blake Converse, wakil komandan Armada Pasifik AS, dilansir Insider.

“Dengan memperbanyak kehadiran kami di Pasifik dan meningkatkan kesadaran situasional dan tingkat kematian armada, kami memberikan lebih banyak pilihan untuk membuat keputusan yang lebih baik di semua tingkat kepemimpinan," ungkap Converse.



Sebelum tiba di Jepang awal pekan ini, Angkatan Laut mengatakan USVDIV-1 bulan lalu berpartisipasi dalam latihan gabungan dengan Angkatan Laut dan Korps Marinir AS, di mana kapal drone diintegrasikan dengan Carrier Strike Group One yang diselenggarakan di sekitar kapal induk USS Carl Vinson.

“Melalui integrasi platform tak berawak dalam operasi kami, kami terus membentuk budaya pembelajaran dan inovasi dalam Angkatan Laut kami dan dengan mitra bersama untuk memberikan keunggulan perang.” kata Laksamana Muda Carlos Sardiello, komandan Carrier Strike Group One.

“Menguji dan mengintegrasikan teknologi-teknologi baru dalam lingkungan operasional dunia nyata yang penuh tuntutan sangat penting untuk memberikan masukan yang menginformasikan kemajuan kami dalam bidang ini.”

Menghadapi masalah ini, dan meningkatnya ancaman potensi perang atas Taiwan, Pentagon pada akhir Agustus mengumumkan visi baru yang dikenal sebagai 'Replicator Initiative', di mana AS berencana untuk mengerahkan ribuan sistem otonom seperti pesawat tak berawak dan kapal. dalam beberapa bulan mendatang.

“Kami telah menetapkan tujuan besar bagi Replicator: untuk menerapkan sistem otonom yang dapat diatribusikan dalam skala ribuan, di berbagai domain, dalam 18 hingga 24 bulan ke depan,” kata Wakil Menteri Pertahanan Kathleen Hicks pada konferensi awal. September. Dia mengatakan inisiatif ini akan membantu AS “mengatasi keunggulan RRT dalam hal jumlah: lebih banyak kapal, lebih banyak rudal, dan lebih banyak kekuatan.”

“Sekarang adalah waktunya untuk melakukan peningkatan, dengan sistem yang lebih sulit direncanakan, lebih sulit diterapkan, dan lebih sulit dikalahkan dibandingkan sistem pesaing potensial,” kata Hicks. “Dan kami akan melakukan hal ini dengan tetap berpegang teguh pada pendekatan kami yang bertanggung jawab dan beretika terhadap AI dan sistem otonom, dimana Departemen Pertahanan telah menjadi pemimpin dunia selama lebih dari satu dekade."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1996 seconds (0.1#10.140)