Biden dan Netanyahu Berjanji Upayakan Normalisasi Israel-Arab Saudi

Kamis, 21 September 2023 - 00:37 WIB
loading...
A A A
Netanyahu mengatakan mereka bisa bekerja sama untuk membuat sejarah.

“Bersama-sama,” ulang Biden, menandakan komitmennya terhadap upaya normalisasi, yang menurutnya tidak terpikirkan bertahun-tahun yang lalu.

Pembicaraan dengan Netanyahu dipandang sebagai kesempatan bagi Biden untuk memberi pengarahan kepadanya dan mencoba melihat sejauh mana Israel bersedia melakukan apa yang dianggap sebagai potensi tawar-menawar besar yang dapat membentuk kembali geopolitik di Timur Tengah.



Pemerintahan Netanyahu menunjukkan sedikit kesediaan untuk memberikan konsesi besar kepada Palestina, yang dapat mempersulit Putra Mahkota Saudi Mohammed bin Salman untuk menyetujui normalisasi.

Meskipun para pejabat AS bersikukuh bahwa tidak ada terobosan yang bisa dicapai, mereka secara pribadi memuji potensi manfaatnya, termasuk menghilangkan kemungkinan konflik Arab-Israel, memperkuat benteng regional melawan Iran, dan melawan serangan China di Teluk.

Biden juga akan meraih kemenangan dalam kebijakan luar negeri saat ia berupaya untuk terpilih kembali pada November 2024.

Para pejabat AS tidak mengesampingkan pertemuan Gedung Putih antara Biden dan Netanyahu.

“Saya harap kita bisa bertemu satu sama lain di Washington pada akhir tahun ini,” kata Biden pada pertemuan mereka.

Pemerintahan Biden memperhitungkan bahwa AS dapat memperoleh manfaat besar dari kesepakatan besar tersebut jika dapat mengatasi hambatan yang besar.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0850 seconds (0.1#10.140)