Penampakan Kapal Selam Rusia Bolong Ditembak Rudal Storm Shadow oleh Ukraina

Selasa, 19 September 2023 - 01:56 WIB
loading...
A A A
"Ada kemungkinan yang realistis bahwa tugas rumit untuk memindahkan puing-puing dari dermaga kering akan membuat kapal-kapal tersebut tidak dapat digunakan lagi selama berbulan-bulan,” lanjut Kementerian Pertahanan Inggris dalam pembaruannya, seraya mencatat bahwa hal ini akan memberikan dampak yang signifikan bagi Armada Laut Hitam dalam mempertahankan pemeliharaan armada.

Sekadar diketahui, hilangnya kapal selam Rostov-on-Don akan menghilangkan salah satu dari empat kapal selam berkemampuan rudal jelajah Armada Laut Hitam Rusia, yang telah memainkan peran utama dalam menyerang Ukraina dan memproyeksikan kekuatan Rusia di Laut Hitam dan Mediterania Timur.

Penasihat Kepala Kantor Kepresidenan Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan serangan Ukraina terhadap Crimea pekan lalu adalah bagian dari langkah persiapan yang diambil Kyiv sebelum mencoba membebaskan semenanjung tersebut.

“Tidak diragukan lagi Crimea adalah wilayah Ukraina. Selama persiapan awal untuk deokupasi wilayah tersebut dan berdasarkan ketentuan hukum internasional, Ukraina telah memenuhi tiga tugas utama dengan menyerang objek militer pendudukan di Crimea…,” tulis Podolyak di media sosial X.

Podolyak menulis dalam postingan X-nya bahwa salah satu tugas tersebut adalah mengusir sisa-sisa armada Laut Hitam Rusia dari perairan teritorial Crimea dan sekitarnya serta mengembalikan status Laut Hitam sebagai laut yurisdiksi eksternal. "Untuk tujuan ini, perbaikan infrastruktur dan kapal perang Rusia dihancurkan," lanjut dia.

Rudal Storm Shadow dan rudal SCALP merupakan rudal jelajah pasokan Inggris dan Prancis. Misil-misil Barat itu ditembakkan terhadap kapal selam dan kapal pendarat Rusia oleh pesawat pengebom Su-24 Ukraina.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1191 seconds (0.1#10.140)