Penampakan Kapal Selam Rusia Bolong Ditembak Rudal Storm Shadow oleh Ukraina

Selasa, 19 September 2023 - 01:56 WIB
loading...
Penampakan Kapal Selam Rusia Bolong Ditembak Rudal Storm Shadow oleh Ukraina
Dua lubang menganga terlihat di lambung kapal selam Rostov-on-Don milik Rusia. Kapal itu diserang rudal Storm Shadow dan SCALP yang dioperasikan Ukraina. Foto/UK Defence Journal
A A A
MOSKOW - Kapal selam Rostov-on-Don milik Rusia terlihat ada dua lubang menganga di bagian lambung akibat tembakan rudal Storm Shadow dan SCALP oleh Ukraina pada Rabu pekan lalu.

Foto-foto kondisi kapal selam yang bolong itu dipublikasikan di Telegram pada hari Senin (18/9/2023) oleh Conflict Intelligence Team (CIT), sebuah kelompok investigasi yang menganalisis konflik bersenjata.

Kapal selam bersenjata rudal jelajah itu serang berlabuh di Galangan Kapal Sevastopol di Crimea ketika diserang rudal pada Rabu dini hari.

Selain kapal selam Rostov-on-Don, kapal pendarat besar Rusia; Minsk, juga rusak akibat serangan rudal oleh pasukan Kyiv tersebut.



CIT, seperti dikutip UK Defence Journal, memperkirakan kapal selam tersebut terkena tembakan rudal dua kali sehingga menembus lambungnya.

Laporan CIT mengutip seorang analis Angkatan Laut yang mengatakan bahwa kerusakan tersebut kemungkinan besar akan membuat kapal selam Rostov-on-Don hilang dari Armada Laut Hitam Rusia sampai perang berakhir.

Dalam pembaruan intelijen pada tanggal 15 September lalu, Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan bahwa meskipun Kementerian Pertahanan Rusia meremehkan kerusakan yang terjadi pada kapal-kapal tersebut, bukti-bukti sumber terbuka menunjukkan bahwa kapal pendarat Minsk hampir pasti telah hancur secara fungsional.

"Sementara kapal selam Rostov kemungkinan besar telah menderita kerusakan besar," kata Kemnterian Pertahanan Inggris.

“Setiap upaya untuk mengembalikan kapal selam ke layanan kemungkinan akan memakan waktu bertahun-tahun dan menelan biaya ratusan juta dolar,” imbuh kementerian tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)